Sampah Menumpuk, Warga Resah



Selasa, 09 Januari 2018 | 16:36:50 WIB



Tumpukan sampah yang berada di tepi jalan
Tumpukan sampah yang berada di tepi jalan Akhmad Sulian Firdaus

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Pemerintah Desa Kota Baru Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dalam waktu dekat ini akan mengusulkan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pengangkutan sampah yang terdapat di TPS perbatasan Desa. Pasalnya, saat ini sampah menumpuk, dan membuat warga sekitar resah. ‘’Sepengetahuan saya, TPS itu dibangun sewaktu kegiatan Harganas, dijadikan simbolis tempat pembuangan sementara sampah disana. Namun hingga kini sampah tidak diangkat ketempat pembuangan yang sah,’’ ungkap Kepala Desa Kota Baru, Mariono, kemarin.

Atas keluhan masyarakat ini, lanjutnya, pihak Desa minta sampah itu diangkut ketempat yang layak. ‘’Nanti kita akan usulkan kontainer. Dan lokasinya juga akan dipindahkan, karena warga sudah ada yang mengeluh,’’ katanya.

Menanggapi persoalan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjabtim, Gustin Wahyudi melalui Kabid Sampah dan B3, Alfajri mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menindak lanjuti keluhan warga tersebut. ‘’Dikarenakan itu sudah lama, nanti kami akan koordinasi dengan pihak LP dan Kades untuk sama-sama bantu angkat sampah itu. Itu sampah sudah bertahun-tahun. Dan sudah seharusnya dari LP menyiapkan tempat dan nanti langsung diangkut ke TPA,’’ ucapnya. ‘’Kami sudah tahu, tetapi dengan keterbatasan sumber daya, cakupan yang luas dan sementara armada minim, cuma dua unit, maka dengan kekuatan yang ada, cakupan yang diambil secara door to door baru sebatas Ibu Kota Kabupaten. Ada bagusnya di lokasi diletak kontainer, seperti di Blok D, dan di Pasar Plabi serta Pasar Sabak Timur. Bila dalam kontainer, pengangkutannya dapat dilakukan dengan mudah dan lebih efesien,’’ tukasnya.


Penulis: Akhmad Sulian Firdaus
Editor: Beni Murdani
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement