Warga Keluhkan Bau Limbah



Minggu, 07 Januari 2018 | 22:25:02 WIB



Limbah PT. MJSL yang mengeluarkan bau tak sedap
Limbah PT. MJSL yang mengeluarkan bau tak sedap Akhmad Sulian Firdaus

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Warga Desa Suka Maju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) saat ini mengeluhkan bau tak sedap yang dikeluarkan oleh PT. Muaro Jambi Sawit Lestari (MJSL) setiap harinya di dekat pemukiman warga. Warga minta perusahaan dapat segera mengatasi bau limbah itu. ‘’Sejak berdirinya perusahaan sawit di wilayah kami, setiap hari mencium bau limbah perusahaan itu. kalau tercium bau itu, terkadang terbatuk, nafas sesak dan muntah,’’ ungkap salah satu warga Desa Suka Maju yang minta namanya tidak ditulis, kemarin.

 

Warga sekitar sudah memberitahukan kepada pihak perusahaan menyangkut bau limbah tersebut, agar perusahaan itu mengatasinya dengan baik. ‘’Ada bagusnya perusahaan itu didirikan jauh dari perkampungan warga. Sehingga bau yang dihasilkan dari limbahnya itu tidak mengganggu aktivitas warga sekitar,’’ keluhnya.

 

Dia menyebutkan, dengan meluapnya dan menyebarnya bau limbah itu, berkemungkinan disebabkan oleh tempat penampungan limbah yang tidak memadai dan tidak terkelola dengan baik. ‘’Sewaktu kami datangi, orang perusahaan itu pernah menyebutkan soal limbah itu bisalah dikurangi, namun sampai saat ini baunya masih menyengat,’’’ tuturnya.

 

Sementara itu, Humas PT. MJSL, Yoki saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa persoalan itu sudah dalam proses pelaksanaan secara bertahap. ‘’Kitakan sudah naikan bentengnya, bertahap kita perbaiki. Supaya tidak ada rembesan lagi,’’ ucapnya.

 

Soal bau, kata Yoki, sudah pasti ada. Dan menurutnya bau limbah itu tidak begitu meresahkan penciuman warga. ‘’Yang pasti kita upayakan pengolahan limbahnya. Soal bau, kemarin sudah kita upayakan pakai campuran supaya baunya tidak meresahkan warga. Intinya kita sudah ada kesepakatan, sudah disampaikan kemasyarakat. Kita berupaya mengatasinya supaya tidak berlarut-larut,’’ tukasnya.


Penulis: Akhmad Sulian Firdaus
Editor: Beni Murdani
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement