PetroChina Berhasil Atasi Pipa Yang Bocor



Jumat, 08 Desember 2017 | 11:41:00 WIB




Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewTimE.co-Kebocoran pipa air injeksi (water injection) PetroChina yang berlokasi di sekitar Dusun Suka Jaya RT 17, Desa Lagan Ulu, Kecamatan  Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, telah diatasi dalam kurun waktu sekitar 24 jam, setelah diketahui adanya  pipa yang mengalami kebocoran. Tim PetroChina segera melakukan pergantian pipa yang bocor, dan kini air injeksi kembali mengalir normal.

Sesuai prosedur, peristiwa kebocoran pipa telah dilaporkan PetroChina kepada SKK Migas pada tanggal terjadinya peristiwa yakni 1 Desember 2017, dan telah dilakukan koordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 'Kebocoran terjadi pada  hari Jumat (1/12) pada pukul 13.25 WIB, yang menyebabkan tumpahnya air injeksi di area kebocoran pipa, dan pada saat bersamaan Tim PetroChina langsung melakukan beberapa tindakan pengamanan. Pada Sabtu keesokan harinya (2/12), pukul 04.00 WIB, penggantian pipa sepanjang 228 meter telah selesai dan air injeksi kembali mengalir normal,' ujar Government & Relations Superintendent BUT.PetroChina International Jabung,Ltd Banu Subagyo.

Pada saat kejadian, langkah awal penanganan kebocoran adalah dengan menutup aliran pipa yang menuju arah kebocoran dan mengalihkan air injeksi ke sumur injeksi yang lain. Langkah selanjutnya Tim PetroChina mengamankan lokasi kejadian dengan penjagaan petugas keamanan dan memasang tanda peringatan traffic cone, disertai penjelasan kepada warga agar tidak perlu resah dan khawatir dengan kebocoran air injeksi ini.

Tim PetroChina juga melakukan pembersihan lokasi dan menggali tanah yang terkena dampak di area lokasi kebocoran. Tumpahan air yang berhasil disedot dari sekitar pipa yang bocor selanjutnya dibawa ke fasilitas penampungan (Sludge Pond) yang dikelola PetroChina. Pada malam kejadian, 95% pembersihan sudah selesai dilakukan, dilanjutkan pembersihan di area parit dan kebun warga yang terdampak.

Terkait pemulihan di area warga, PetroChina telah melakukan koordinasi dengan aparat desa, mulai dari RT, Kepala Desa, dan warga di sekitar tempat kejadian. PetroChina juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan akan segera menyampaikan kronologi kejadian ini secara rinci. 'PetroChina akan selalu berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan SKK Migas untuk penyelesaian dampak kebocoran pipa ini, melalui proses yang benar dan mengacu kepada peraturan yang berlaku,' tuturnya.


Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# JAMBI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement