Faktor Penyebab Maraknya Pernikahan Dini di Tanjabtim



Kamis, 09 November 2017 | 16:13:21 WIB




Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Pernikahan di bawah umur atau yang trend kini dengan sebutan pernikahan dini ternyata masih ditemukan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Berdasarkan keterangan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tanjabtim, ada faktor yang membuat pernikahan dini masih sering terjadi, yaitu faktor budaya yang memang sulit di tinggalkan oleh para orang tua. Sehingga penekanan pernikahan dini sulit untuk di hilangkan. "Selain itu juga faktor kekhwatiran orang tua terhadap anak," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tanjabtim, Barusman.
 
Terjadinya pernikahan dini ini tidak bisa di pungkiri, masih banyak di temukan hampir di setiap kecamatan. Bahkan terkadang marak ditemukan di wilayah pesisir. Sedangkan untuk presentase pihaknya belum bisa memberikan secara rinci. "Yang jelas masih ada terjadi. Namun dari tahun ke tahun mengalami penurunan," ungkapnya.
 
Sementara itu, untuk terus menekan agar tidak kerjanya pernikahan dini tetap terjadi, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) agar memberikan arahan jika adanya akan pernikahan di bawah umur. "Makanya kita lakukan kerjasama sesuai tupoksi Dinas Pengendalian Kependudukan," tegasnya.
 
Pencegahan pernikahan usia dini tambahnya, sejalan dengan program Bupati Tanjabtim terkait kemiskinan. Hal ini mengingat jika terus dibiarkan pernikahan dini inivtetap terjadi, tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan akan terus meningkat. "Yang jelas dari faktor ekonomi sangat berpengaruh dengan kemiskinan. Apalagi pasangan usai dini ini tidak bisa menjaga jarak kelahiran dan tidak mengikuti prosedur,' jelasnya.

Penulis: Maulana
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement