Dukcapil Tanjabtim Tekankan Petugas Registrasi Kematian



Minggu, 24 September 2017 | 11:00:37 WIB



Kepala Dinas Dukcapil Tanjabtim, Syahrudin
Kepala Dinas Dukcapil Tanjabtim, Syahrudin Akhmad,SF

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Untuk memvalidasikan data kematian di Kabupaten Tanjung Jqbung Timur (Tanjabtim), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten  memberi penekanan terhadap petugas registrasi kematian, agar melaporkan jumlah kematian warga di setiap desa secara Update. Kepala Disdukcapil Tanjabtim, Syahruddin menganggap, data itu memang sangat dibutuhkan untuk dilaporkan ke Pusat.
 
Dia menjelaskan, setelah dihapusnya santunan kematian di Kabupaten Tanjabtim, pihak keluarga yang meninggal banyak yang enggan melaporkan ke Disdukcapil. Sehingga orang-orang yang mengurus akte kematian juga menurun. Namun jumlah yang meningal itu tetap ter Update melalui petugas registrasi yang telah di tunjuk. "Alhamdulillah petugas yang telah ditunjuk selalu melaporkan secara Update semua data-data tersebut. Sehingga data yang kami laporkan ke Pusat itu tetap valid," katanya.
 
Meskipun sudah valid, pihak Disdukcapil selalu menghimbau kepada masyarakat atau pihak keluarga yang meninggal, agar tetap melaporkan dan membuat akte kamatian. Karena dengan adanya akte kematian itu membuat data kependudukan di Kabupaten Tanjabtim bisa berubah.
 
"Oleh karena itu, ada beberapa hal yang kami lakukan, yaitu dengan pola 3 in 1 atau 4 in 1. Jadi pada saat mereka mau mengurus data itu otomatis datanya berubah, pada saat itu tanpa diminta pun kami menerbitkan merubah data KTP dan KK. Misal, dia mengurus satu data kematian, setidaknya ada tiga berkas yang berubah yaitu data KK, KTP dan kematian," jelasnya.
 

Syahruddin menegaskan, untuk tim registrasi disetiap desa itu adalah petugas yang ditunjuk dan diangkat berdasarkan usulan dari desa itu sendiri, atau PNS yang ada di desa yang telah dihonorkan oleh Pemda dengan disahkan oleh SK Bupati. "Jadi petugas registrasi itu, memang orang khusus yang telah ditunjuk," tukasnya


Penulis: Maulana
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement