Wabup Robby Buka MTQ ke 45 Tingkat Kecamatan Nipah Panjang

Di Desa Sungai Raya


Kamis, 12 Oktober 2017 | 23:13:17 WIB



Wabup Tanjabtim Robby Nahliyansyah saat menyampaikan kata sambutan
Wabup Tanjabtim Robby Nahliyansyah saat menyampaikan kata sambutan BUYAMIN/NT

Advertisement


Advertisement

NIPAH PANJANG, eNewsTimE.co - Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 45 Tahun 2017 Tingkat Kecamatan Nipah Panjang di Desa Sungai Raya, resmi dibuka pada Rabu (11/10). Seremoni pembukaan MTQ yang berlangsung di lapangan Sepak Bola Desa Sungai Raya ini berlangsung khidmat.

Sebelum pembukaan, juga dilaksankan Pawai Ta’rup keliling Desa Sungai Raya.

MTQ ke 45 Tingkat Kecamatan Nipah Panjang ini diikuti oleh Dua Kelurahan dan Delapan Desa  yang ada dalam Kecamatan Nipah Panjang, terdiri dari peserta dari Kelurahan Nipah Panjang I sebanyak 36 orang peserta, Nipah Panjang II 27 peserta, Desa tuan rumah Desa Sungai Raya 36 peserta, Desa Teluk Kijing 25 peserta, Desa Pemusiran 33 peserta, Desa Sungai Jeruk 13 peserta, Desa Sungai Tering 19 peserta, Desa Bunga Tanjung 15 peserta, Desa Simpang Jelita 9 peserta, Desa Simpang Datuk 6 peserta dengan jumlah seluruhnya 223 peserta dengan 22 official.

Hadir pada pembukaan MTQ ke 45 Tingkat Kecamatan Nipah Panjang ini Wakil Bupati (Wabup) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), H. Robby Nahliyansyah beserta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah dan Kades serta unsur Muspika Nipah Panjang.

Kepala Desa Sungai Raya, Andi Parman dalam laporannya menyampaikan, cabang lomba yang dilombakan dalam MTQ ini yakni Tartil Al Quran, Tilawah, Syahril, FahmiL,Khartil dan Berjanzi Marhaban.

Untuk sumber terdiri dari ADD sebesar Rp. 9.000.000, sumbangan Aparat Desa Rp. 20.950.000, sumbangan dari masyarakat Rp. 22.060.000, sumbangan Direktur CV. Sepucuk Nipah Rp. 5.000.000, sumbangan keluarga besar SMPN 25 Tanjabtim Rp. 1.200.000, sumbangan SDN 37 Desa Sungai Raya Rp. 2.000.000, dan sumbangan para pengusaha Rp. 14.411.000, dengan total dana Rp. 69.621.000. ‘’Tujuan kegiatan ini adalah untuk peningkatan pemahaman penghayatan dan pengamaian kandungan Al Quran, meningkatkan syiar dan Ukhua Islamiyah melestarikan seni dan budaya Quran,’’ ujar Andi Parman.

Andi Parman mengajak kepada para Kafilah MTQ seluruh Desa dan Kelurahan se Kecamatan Nipah Panjang untuk menyatukan visi mencari pengalaman mencari prestasi diajang MTQ ini, ‘’Dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Pak Bupati Romi Hariyanto yang diwakilkan oleh Pak Wakil Bupati Robby Nahliyansyah yang telah sudi hadir ditengah tengah kami di Desa Sungai Raya, yang memang menjadi harapan masyarakat untuk dapat bersilaturahmi dan bertatap muka,’’ sebut Andi Parman.

Camat Nipah Panjang, Kamaruddin dalam kata sambutannya mengatakan, MTQ ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya mendalami arti dan makna Al Quran sekaligus meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wataala. ‘’Adapun hasil dari penyelenggaraan MTQ ini akan dibentuk Kafilah Kecamatan Nipah Panjang yang akan bertanding pada MTQ tingkat Kabupaten di Kecamatan Dendang tahun 2018 medatang, dengan target mengembalikan kejayaan masa lalu, yaitu sebagai juara umum. Oleh karena itu kami melarang adanya peserta bukan warga Kecamatan Nipah Panjang, apa bila ditemukan maka peserta tersebut sudah semestinya didiskualifikasi dari penghelatan MTQ ini,’’ tegas Kamarudin.

Sementara itu, Wabup Tanjabtim, Robby Nahliyansyah dalam kata sambutannya meminta Dewan Hakim untuk menilai peserta MTQ secara profesional dan fair. ‘’Percayalah, para Dewan Hakim akan bekerja secara professional, akan menilai secara baik yang mana dianggap pantas bisa dan memang tidak melakukan kesalahan dalam beberapa agenda agenda yang akan nanti dilalui,’’ ungkap Wabup.

Pada kesempatan ini, Wabup Robby juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mensupport acara hingga terlaksana dengan meriah. ‘’Acara ramai ini tidak akan bisa terselenggara dan terlaksana dengan baik. Pada prinsifnya terselenggaranya MTQ ini bagian dari pada syiar agama, bagian yang tidak pernah dan tidak boleh kita tinggalkan. Selaku Pemerintah Daerah menyadari bahwasanya perhelatan akbar pelaksanaan MTQ baik ditingkat Desa, tingkat Kecamatan bahkan ditingkat Kabupaten yang berkenaan dengan pembiayaan saya yakin dan percaya hampir 80 persen pembiayaan itu adalah campur tangan masyarakat lokal. Pada kesempatan yang baik ini saya hanya berdoa kepada Allah Subhanahu Wataala membalas apa yang telah Bapak dan Ibu laksanakan,’’ tukasnya.

                                 

   


Penulis: BUYAMIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement