Wabup Robby Pantau Hilal di Ujung Jabung



Sabtu, 27 Mei 2017 | 23:03:06 WIB



Petugas saat memantau hilal
Petugas saat memantau hilal BUYAMIN/NT

Advertisement


Advertisement

SADU, eNewsTimE.co - Pemantauan hilal awal Ramadhan di Ujung Jabung Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjabtim, pada Jumat (26/5), ketinggian hilal mencapai delapan derajat dengan azimut hilal di posisi 288 derajat. Hal ini berdasarkan hasil survei lokasi yang dilakukan Tim Hisab Rukyat Kabupaten Tanjabtim yang dilakukan sebelumnya. ‘’Insya Allah di Ujung Jabung nanti kita akan dapat melihat hilal mencapai 8 derajat, pada rentang waktu 18.15 hingga 18.20 WIB pada Jumat (26/5) ini,’’ kata Ketua Tim Hisab Rukyat Kabupaten Tanjabtim Apendri Indra, yang juga menjabat Kepala Penyelenggara Syariah pada Kantor Kemenag Tanjabtim.

Pada pemantauan hilal awal ramadhan tahun-tahun sebelumnya, jelas Aspendri, para ahli Falaq s Provinsi Jambi selalu memantau hilal di Hotel Novita Jambi. Sayangnya pemantauan hilal tersebut tidak pernah membuahkan hasil, meskipun telah menggunakan sejumlah alat canggih. ‘’Berbeda dengan Ujung Jabung yang merupakan lokasi titik nol, tahun ini jika cuaca mendukung kita akan melihat hilal yang mencapai 8 derajat,’’ ujarnya.

‪Pemantauan hilal bersama Tim Hisab Provinsi Jambi, yang terdiri dari perwakilan Kanwil Kemenag, Pengadilan Agama, MUI, Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, dan ahli falaq lainnya. Akan didukung dengan peralatan canggih seperti teropong bintang, teodolit, kompas, GPS, tiang gawang hilal, dan alat canggih lainnya.

Berdasarkan fatwa MUI, lanjut Aspendri, untuk menentukan awal ramadhan setidaknya ketinggian hilal minimal harus mencapai 4 derajat. Namun di Ujung Jabung, pihaknya dapat melihat hilal mencapai delapan derajat dengan azimut hilal di posisi 288 derajat.

Hasil pemantauan hilal awal ramadhan di Ujung Jabung ini dilaporkan kepada pemerintah pusat sebelum digelarnya sidang isbat. ‘’Untuk pemantauan yang kita lakukan di menara suar Ujung Jabung setinggi kurang lebih 45 meter dengan alat yang sudah disiapkan dan diarahkan sampai pukul 18,34 WIB,’’ jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wabup Tanjabtim, H. Robby Nahliyansyah beserta rombongan, Tim Hisab Rukyat Kanwil Kemenag Provinsi Jambi dan rombongan, BMKG, MUI dan Kemenag Tanjabtim.


Penulis: BUYAMIN
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement