Peltu Kadis TPHP Badrud Tamam Dampingi Kunker Tim Sergap Mabes TNI AD

Panen Raya Padi di Desa Simpang Datuk


Sabtu, 08 April 2017 | 00:05:12 WIB



Peltu Kadis TPHP Provinsi Jambi, Badrud Tamam saat mendampingi Kunker Tim Sergap Mabes TNI AD
Peltu Kadis TPHP Provinsi Jambi, Badrud Tamam saat mendampingi Kunker Tim Sergap Mabes TNI AD BUYAMIN/NT

Advertisement


Advertisement

NIPAHPANJANG, eNewsTimE.co - Pelaksana Tugas (Peltu) Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Provinsi Jambi, H. Badrud Tamam, SP mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Tim Serapan Gabah Petani (Sergap) dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) Republik Indonesia (RI), yaitu Kolonel Inf Sudrajat. P dan Kolonel Inf Kunto Ridarto ke Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dalam rangka panen raya padi di areal lahan Kelompok Tani (Poktan) Aman Makmur Desa Simpang Datuk, pada Kamis (6/4).

 

Kol Inf Sudrajat. P menegaskan, agar Bulog dapat bekerjasama dengan para petani dengan menyerap hasil panen petani kapanpun waktunya, terutama saat saat panen. ‘’Jadi tidak lagi nanti Tim Sergap harus turun, tapi mereka sendiri sudah saling kolaborasi. Nantikan ada Gapoktan disini, para Babinsa, merekakan perpanjangan dari kita. Ada semua, juga ada bantuan dari pihak TNI, diantaranya ada bantuan Alsintan,’’ ujar Kol Inf Sudrajat. P.

Kunker Tim Sergap TNI ini, sekaligus untuk evaluasi khusus pertanian periode Oktober-Maret. Dia menyebutkan, tidak menutup kemungkinan Luas Tambah Tanam (LTT) akan dilakukan di Bumi Sepucuk Nipah Serumun Nibung ini. ‘’Para petani bertepuk tangan semua di Kabupaten Tanjabtim ini, over target untuk tanam, sekarang sudah panen. Soal gabahnya mau dibawa kemana, itu peran Bulog untuk menyerap gabah tersebut, jangan nanti sudah panennya lumayan atau lebih, tahu-tahu tidak tertampung, sama saja ekonominya masyarakat tidak bergerak,’’ tegasnya lagi.

                               

Sementara itu, Plt Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi, H. Badrud Tamam, SP menjelaskan, khusus kegiatan ini, Pemerintah bekerjasama dengan pihak TNI mulai dari bulan Juni tahun 2015 lalu yang ditanda tangani di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjabtim, ‘’Dan Alhamdulillah, Tanjabtim yang pertama kali menanda tangani di Provinsi Jambi. Harapan saya kepada Kelompok Tani, agar hasil panennya lebih tajam lagi khususnya disegi kualitas dengan alat Alsintan yang baik tentunya, dan juga dipemasaran. Sampai sekarang dan hari ini pun ada juga pihak dari Bulog kita bawa,’’ jelas Badrud Tamam.

Kemudian, lanjut Badrud, Perum Bulog Provinsi Jambi membuat kesepakatan dengan Kelompok Tani Desa Simpang Datuk Kecamatan Nipah Panjang yang isinya adalah sesuai dengan Inpres nomor 5 tahun 2015 tentang kebijakan pengadaan gabah/beras dan penyaluran beras oleh Pemerintah dengan harga pembelian gabah kering panen adalah Rp.3.700/Kg di petani. ‘’Jumlah gabah yang akan diserap oleh Bulog drive Kuala Tungkal sebanyak 2000 ton di Desa Simpang Datuk, Kecamatan Nipah Panjang, Kabupaten Tanjabtim,’’ beber Badrud Tamam yang merupakan mantan Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Tanjabtim ini.

Ketua Poktan Aman Makmur Desa Simpang Datuk, Ambo Irik menyambut baik Kunker Tim Sergap Mabes TNI AD yang didampingi oleh Peltu Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi, Badrud Tamam ini. Dia berharap agar Pemerintah Daerah, Provinsi serta TNI terus bekerjasama dengan membantu para petani demi terwujudnya swasembada pangan yang berimplikasi kepada peningkatan kesejahteraan petani. ‘’Kami sangat senang, selamat datang kepada Tim Sergap Mabes TNI AD yang didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Provinsi Jambi, H. Badrud Tamam dan rombongan. Kami mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya karena telah sudi melihat kami selaku petani sehingga kami dapat titik terang, mudah-mudahan dengan kesepakatan yang telah kita tanda tangani dapat meningkatkan kesejateraan petani,’’ pungkasnya.

 

Juga hadir dalam kegiatan Kunker Tim Sergap Mabes TNI AD ini Dandim 0419 Tanjab Letkol Arh Hary Sasono, Pasi Bakti Rem 420 Gapu Mayor Arm Tenri Sau, Kabid Produksi Pangan Provinsi Jambi Nuril, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tanjabtim Ir. H. Akhmad Maushul, Kasi Drive Perum Bulog Jambi, Perum Bulog Kuala Tungkal, Danramil 419-04 Nipah Panjang Lettu Inf Hariono, PPL, para Babinsa dan para anggota Kelompok Tani Desa Simpang Datuk.


Penulis: BUYAMIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement