Pemkab Tanjabtim Akan Kembangkan Kepiting Bakau



Rabu, 01 Maret 2017 | 01:50:44 WIB



Kepiting
Kepiting DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Pemkab Tanjabtim) melalui Dinas Perikanan akan mengembangkan budidaya Kepiting Bakau.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tanjabtim, Ahmad Riadi Pane melalui Kabid Budidaya, Willy A Lesmana mengatakan, bahwa utuk program pengembangan Kepiting Bakau ini, pihaknya sudah melakukan penelitian di wilayah Kecamatan Kuala Jambi. ‘’Hasilnya, Kepiting Bakau ini cocok juga dibudidayakan di Kecamatan Kuala Jambi tersebut. Dan pada tahun ini juga, kita akan kembangkan budidaya Kepiting itu di wilayah tersebut,’’ katanya, Selasa (28/2).

Willy menyebutkan, pihaknya berkeinginan pengembangan Kepiting Bakau itu dapat dilakukan diseluruh wilayah Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung. Untuk itu, Dinas Perikanan akan kembali melakukan penelitian disetiap wilayah dalam Kabupaten Tanjabtim ini. ‘’Penelitian ini akan kita lakukan secara bertahap, dengan menyesuaikan anggaran yang ada,’’ sebutnya.

Menurutnya, selain Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang menyuplay kepiting bakau ke Kota Jambi, Kabupaten Tanjabtim dapat dikategorikan penyuplay yang cukup besar akan kebutuhan masyarakat Kota Jambi itu. Sebab sebagian besar pedagang Kepiting yang terdapat di Pasar-Pasar Kota Jambi, mereka memasarkan Kepiting dari Kabupaten Tanjabtim. ‘’Kepiting ini nilai ekonomisnya sangat luar biasa, dengan ukuran tipe A Rp.100.000/Kg. Paling rendah kepiting ini dihargai sebesar Rp.60.000/Kg, itu yang kecil,’’ tuturnya.

Sebelumnya, lanjut Willy, Kepiting Bakau telah dibudidayakan melalui Kelompok Tani di Desa Simbur Naik Kecamatan Muarasabak Timur. Dan hasilnya sangat memuaskan. ‘’Bila Kepiting ini dapat diproduksi dengan jumlah besar, maka Kepiting inipun dapat diekspor keluar daerah, dengan nilai jual yang lebih tinggi. Kepiting Bakau ini akan kita jadikan salah satu ikon Kabupaten Tanjabtim. Soalnya dalam wilayah provinsi Jambi ini, hanya Tanjabtim yang memiliki wilayah pesisir selain Tanjabbar,’’ tukasnya.

 


Penulis: Akhmad. SF
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement