Diknas Tanjabtim Adakan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemda

Terkait Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif


Selasa, 14 November 2023 | 20:09:59 WIB



Diknas Tanjabtim Gelar Sosialisasi dan Advokasi
Diknas Tanjabtim Gelar Sosialisasi dan Advokasi

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Tanjabtim - Terkait Pengembangan  Anak Usia Dini Holistik Integratif ( PAUD HI ) Tahun 2023, Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim mengadakan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah Daerah ( Pemda ). 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Auliyah, Selasa ( 14/11/23 ) itu dihadiri oleh segenap Kepala PAUD Formal (TK) dan Kepala PAUD Non Formal (KB).

Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim M Edwar dalam hal ini diwakili Kabid Non Formal Halidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati Nomor 26 Tahun 2021 ini Tentang Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini 1 (satu) Tahun Pra Sekolah Dasar Tahun 2023.

" Pada dasarnya Pendidikan anak usia dini sudah menjalankan program layanan kesehatan dan pendidikan. Namun sesuai perkembangan zaman dan modernisasi teknologi dan ilmu pengetahuan, maka layanan PAUD ini diperluas yang mencakup layanan pengasuhan, layanan keamanan, dan layanan gizi guna mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas, sehat dan ceria ," Paparnya.       

Dimana, Lanjut Holidi , Sejak Tahun 2013 Pemerintah menetapkan strategi nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) melalui Peraturan Presiden  Nomor 60 Tahun 2013. PAUD-HI ini adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang baragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi. 

" PAUD-HI bertujuan khusus agar Terpenuhinya layanan holistik integratifnya kebutuhan esensial anak usia dini. Lalu dapat terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan, penelantaran, perlakuan yang salah, dan eksplorasi dimanapun anak beradaberada. Kemudian agat dapat terselenggaranya pelayanan anak usia dini secara terintegrasi dan selaras antara lembaga layanan terkait sesuai kondisi wilayah. Dan supaya terwujudnya  komitmen seluruh unsur terkait seperti orang tua, keluarga, masyarakat, pemerintah dan pemerintah daerah ," Terangnya. 

Adapun, Sambung Holidi, PAUD-HI sejatinya merupakan fondasi bagi anak usia dini dalam tumbuh kembangnya yang meletakkan dasar pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta bagi anak usia dini.

Sementara diselenggarakannya kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Kebijakan Pemerintah Daerah Terkait Penyelenggaraan PAUD-HI ialah untuk memastikan pemenuhan kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan terintegrasi di dalam layanan Satuan PAUD itu sendiri.

" Tujuan terselenggaranya PAUD-HI menuju terwujudnya Anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia. Dan ada enam strateginya, seperti Penguatan dan penyelarasan landasan hokum. Kemudian Penguatan Advokasi, komitmen koordinasi dan kerja sama antar instansi pemerintah, lembaga penyelenggara layanan, dunia usaha dan organisasi terkait. Lalu guna Peningkatan kapasitas kader masyarakat, penyelenggara dan tenaga pelayanan. Terus  Penyediaan layanan yang merata, terjangkau dan berkualitas. Lalu untuk Internalisasi nilai-nilai agama dan budaya. serta Pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan pemahaman dan persiapan pra nikah calon pengantin, orang tua, keluarga, dan pengasuh pengganti dalam melakukan pengasuhan anak secara optimal ," Tutupnya. 

 

 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement