Diknas Gelar Bimtek Bagi Guru Paud



Rabu, 15 November 2023 | 19:56:25 WIB



Diknas Tanjabtin Gelar Bintek
Diknas Tanjabtin Gelar Bintek

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Tanjabtim - Dalam rangka mewujudkan implementasi pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD-HI), Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim mengelar Bimbingan Teknis ( Bimtek ) bagi Guru Paud. 

Dimana kegiatan yang berlansung selama dua hari lamanya itu dari tangal 15 - 16 November 2023 di Hotel Auliya Kelurahan Talang Babat Kecamatan Muara Sabak Barat, Tanjabtim Jambi ini guna memperkuat satuan PAUD dalam menyelenggarakan PAUD-HI, sehinga dapat mewujudkan Anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berkhlak mulia.

Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim M Edwar melalui Kabid Non Formal Halidi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah upaya menstimulasi, membimbing, mengasuh dan memberikan kegiatan pembelajaran yang akan menghasilkan kemampuan dan keterampilan bagi anak. Pendidikan anak usia dini ini merupakan sebuah pendidikan yang dilakukan pada anak yang baru lahir sampai dengan enam tahun. 

" Pendidikan pada fase ini memfokuskan pada kemampuan fisik, kognitif, emosional dan sosial-edukasi. Sesuai dengan keunikan dan pertumbuhan anak usia dini maka penyelenggaraan pendidikan bagi anak usia dini disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan anak ," Paparnya.

Adapun upaya PAUD ini bukan hanya dari sisi pendidikan saja, termasuk upaya pemberian gizi, kesehatan, perawatan, pengasuhan dan perlindungan pada anak, sehingga dalam pelaksanaan PAUD dilakukan secara terpadu dan lompetitif.

" Kegiatan ini guna mewujudkan implementasi pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD-HI) yang bertujuan untuk memperkuat lembaga PAUD dalam penyelenggaraan layanan PAUD-HI dengan harapan Satuan PAUD bersinergi dengan berbagai pihak sehingga anak usia dini mendapatkan hak-haknya yang esensial sesuai dengan program layanan PAUD-HI yang mencakup layanan pendidikan, pengasuhan, kesehatan dan gizi serta perlindungan ," Ulasnya. 

Adapun Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Itegratif (PAUD-HI) direncanakan secara sistematis dan diterapkan secara sistemik di Satuan PAUD untuk mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak secara optimal agar kelak menjadi anak yang berkualitas dan berdaya saing di masa depan.

" Untuk mengoptimalkan pelaksanaan PAUD-HI di satuan PAUD, Satuan PAUD didampingi oleh fasilitator yang sudah diberi pelatihan terlebih dahulu oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan ," Terangnya. 

Diharapkan pengembangan anak usia dini Holistik Integratif (PAUD-HI) yang berkualitas merupakan salah satu investasi penting dalam pembangunan sumber daya manusia. Untuk itu, mulai dari pengasuhan positif, perlindungan, kesehatan hingga kesempatan untuk belajar di satuan Pendidikan Anak Usia Dini perlu dipantau dan ditingkatkan sehingga anak mampu meraih kesuksesan di masa depan.

" Pemerintah terus berupaya agar angka partisipasi anak ke PAUD meningkatkan dan sekaligus mendorong adanya perhatian terhadap kebutuhan anak usia dini yang holistik (menyeluruh) di semua aspek agar anak tumbuh sehat dan cerdas ," Ucapnya. 

Tentunya Program yang dilakukan mencakup peningkatan kapasitas pendidik PAUD, mendukung fasilitas bermain yang aman dan sehat bagi anak, meningkatkan pendidikan orangtua khususnya kesadaran akan pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan memberikan dukungan kepada Kecamtan, Desa dan Kelurahan sehingga menghasilkan regulasi yang mendukung program PAUD-HI. 

" Program ini memerlukan kerja keras dari semua pihak tidak hanya pemerintah tapi juga sektor swasta dan masyarakat umum. Banyak hal yang perlu dilakukan ke depannya agar satuan PAUD melaksanakan semua program esensial PAUD-HI, agar satuan PAUD Kabupaten Tanjung Jabung Timur benar-benar melayani secara keseluruhan (holistik integratif) ," Tutupnya. 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement