Merawat Tradisi Merajut Silaturahmi, Puluhan Perahu Tradisionsl Berpacu di Merbau



Rabu, 09 Agustus 2023 | 11:07:52 WIB



Technical meeting pacu perahu di Desa Merbau
Technical meeting pacu perahu di Desa Merbau Beni Murdani/eNewsTimE.id

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTime.id – Sebanyak 54 Perahu akan berlaga di hari ini Rabu (9/8), di Desa Merbau, Kecamatan Mendahara, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Perahu ini akan memprebutkan podium pertama pada ajang Pacu Perahu Tradisional bertajuk Merawat Tradisi Merajut Silaturahmi dalam rangka merayakan 17 Agustus 2023.

Kepala Desa Merbau, Amirudin mengatakan, jumlah itu diketahui setelah dilakukan technical meeting Selasa (8/8) di Balai Desa Merbau.”Perahu yang mendaftar berasal dari berbagai Desa yang ada di Tanjab Timur, jumlahnya 54 perahu,”ungkapnya.

Pada technical meeting jelasnya, telah dilakukan pengundian lawan dan rute. Sehingga hari ini perahu langsung beradu cepat sejak pagi. Harapannya pelaksanaan pacu perahu ini dapat diselesaikan dalam satu hari. "Pada technical meeting ini kita juga menyepakati aturan yang dibuat secara bersama-sama manager dari semua perahu yang mendaftar. Kesepakatan itu kita tuangkan dalam berita acara. Sehingga aturan itu sifatnya mengikat pada event ini,”jelasnya.

Pacu Perahu Tradisional ini, memang dilaksanakan setiap tahunnya di Desa Merbau. Harapannya, selain melestarikan perahu, yang dulunya sebagai sarana transportasi juga sebagai ajang mempererat silaturahmi antar pendayung dan masyarakat pada umumnya.

Selain itu juga, pada kegiatan ini juga akan meningkatkan UMKM di Desa Merbau. Karena masyarakat dan pencinta perahu yang datang ke Desa Merbau akan membludak.

“Kegiatan ini memiliki multi efek bagi masyarakat Desa Merbau. Ini menjadi ajang promosi Desa dan UMKM kita juga akan tumbuh,”harapnya.


Penulis: Beni Murdani
Editor: Beni Murdani
Sumber: eNewsTime.id

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement