Pemuktakhiran Data Pemilih, Bawaslu Adakan Rakor



Senin, 27 Maret 2023 | 22:24:19 WIB



Ketua Bawaslu Samsedi Saat Membuka Rakor
Ketua Bawaslu Samsedi Saat Membuka Rakor

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Tanjabtim - Badan Pengawas Pemilu ( BAWASLU ) Kabupaten Tanjabtim, Jambi mengadakan rapat koordinasi terkait Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemuktakhiran Data Pemilihan dan Penyusunan Daftar Pemilihan Kabupaten / Kota Pada Pemilu serentak Tahun 2024 di auditorium Hotel Ratu, Kelurahan Rano, Kecamatan Muarasabak Barat, senin (27/3/23) siang. 

Kegiatan Rakor tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Tanjabtim Samsedi, dengan Nara Sumber dari Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu Provinsi Jambi Muhammad Hapis dan Komisioner Komisi Informasi Publik ( KIP )  Provinsi Jambi Nining, yang juga merupakan Jurnalis Perempuan Jambi

Menariknya pada kegiatan itu turut dihadiri segenap perwakilan Media Cetak, Online, elektronik dan Radio serta segenap Panwaslu Kecamatan dan Undangan lainnya. 

Ketua Panitia Yandra Asrol dalam laporannya menyampaikan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan berpedoman pada UU Nomor 7  Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Adapun kegiatan ini bertujuan Penyamaan persepsi terkait publikasi dan dokumentasi, pengembangan  yang berkompenten dalam membuat dokumentasi pengawasan, Memperkuat komitmen dalam upaya data pemilu Tahun 2024 agar dapat bersinergi bersama-sama dalam pemilu yang lancar dan aman.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Tanjabtim Samsedi sebelum membuka Acara Rakor, Dia bercerita mengenang masanya sebelum ia menjadi Ketua Bawaslu iapun juga pernah bergelut di dunia Media (Jurnalis, red) dan pernah tergabung di Himpunan Wartawan Daerah (HIWADA) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) waktu itu belum lahir di Tanjabtim. 

" Saya berterimakasih kepada semua rekan - rekan sejawat dahulu telah hadir dalam Kegiatan Rakor ini ," Ucapnya.

Untuk diketahui, Proses tahapan pertama yaitu pemutakhiran data pemilu sudah dilaksanakan. Dimana dari benang merahnya dapat kita tarik. Dalam menyukseskan Pemilu tidak hanya dipenyelenggara KPU dan Bawaslu, namun begitu pentingnya peran Masyarakat dan para rekan media. Dimana rekan media dapat membantu mendorong, bilamana dilapangan masih adanya temuan bisa langsung disampaikan ke Bawaslu beserta jajarannya. 

" Agar Masyarakat yang punya hak dalam pemilu 2024 bisa tersalurkan hak pilihnya dan terkhusus peningkatan SDM nya serta mempunyai satu persepsi terjalin dan terbangun dalam menyukseskan pemilu 2024 dan berdiskusi bersama, agar pemilu 2024 mendatang lenih baik lagi ," ungkap Samsedi.

Sementara, Muhammad Hapis Kordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa pada Bawaslu Provinsi Jambi menceritakan bahwa terkait data pemilih,  yang potensi Kerawanan biasanya terjadi di Lapas Narkoba, Perbatasan, serta urusan DPT di Jambi yang tak kunjung selesai, termasuk di Kabupaten Tanjab Timur. Selain itu, kerawan lain pada data disabilitas yang sering terlewatkan.

" Wilayah Tanjab Timur yang sangat sulit dan Insfrastruktur jalan mengakibatkan terjadinya Daerah Rawan, yakni proses yang tidak berjalan sesuai prosedur ," katanya. 

Maka itu Masyarakat benar - benar harus melek, terutama pengetahuannya tentang mengetahui dirinya sudah terdata apa belum dalam pemilu. Bilamana hak dirinya belum terdata dalam pemilu, dapat melaporkan segera kepenyelegara pemilu, Itu paling utama.

" Menghilangkan Hak Pemilih, Joki , Monypolitik dan pengarahan salah satu paslon  ada pidananya lho ," Ungkapnya.

Sementara itu, Nining dari KIP provinsi Jambi pada kesempatan itu mengusulkan kepada untuk memberikan layanan informasi kepada Masyarakat luar melalui media sosial. Dan juga Bawaslu lebih selektif dalam menyampaikan informasi yang benar dan penting untuk masyarakat. 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement