Bawaslu Nipah Panjang Gelar Bintek



Minggu, 19 Maret 2023 | 17:55:33 WIB



Buyamin

Advertisement


Advertisement

Nipah Panjang, eNewsTimE.id,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kecamatan Nipah Panjang melaksanakan Bimbingan Teknis (Bintek) untuk seluruh Panitia Pengawas Kelurahan dan Desa (PPKD) se Kecamatan Nipah Panjang pada Sabtu (18/3/2023) kemarin.

Ketua Bawaslu Kecamatan Nipah Panjang, Rozi Kardiansyah, S.Pd pada saat pembukaan bimbingan teknis berharap agar para peserta  bintek pertama ini, bisa memahami isi materi, dan apabila ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan.

"Ini bintek pertama harap bapak ibu peserta memahami materi kita ini, jika ada yang mengganjal dihati dan ingin ditanyakan silakan bertanya dengan Bapak Safaruddin. Dan nanti akan ada bintek kedua yang insyAllah mungkin akan dilaksanakan di Ibukota Kabupaten. Ingat  kita bekerja ada dasarnya  bukan berkerja tanpa dasar, yang juga kita jaga integritas karena seperti saya sampaikan bahwa anda adalah orang orang yang terbaik," ungkapnya.  

Sementara itu Ketua Banwaslu Kabupaten Tanjab Timur Safaruddin,S.IP dalam sambutannya mencontohkan berbagai masalah dilapangan.

"Misalnya ini, disalah satu kecamatan pantarlihnya melakukan pencoklitan akan tetapi di gantikan oleh saudaranya, dan apakah boleh, jawabannya tidak boleh,  makanya dalam proses pengawasan kita selalu menanyakan mana SK nya.  Syukur kalau kita kenal pantarlihnya, kalau tidal tanyakan saja SK nya,  jadi untuk mamastikan pantarlih yang turun kelapangan membawa SK dan apakah di minta?.boleh sekiranya pantarlihnya tidak punya salinan kita dokumentasikan boleh dan sah, " katanya Safarudin. 

Safaruddin juga mengatakan, kalau ketergantungan dengan PPS tidak ada data hasil pengawasan kita siapa yang bisa menjamin, bahwa yang lakukan pantarli itu sudah benar.

"Maka dari itu Bawaslu ada namanya uji petik, kemudian ada patroli pengawasan menjaga hak pilih semua yang dilakukan Bawaslu ini untuk menormalisir jangan sampai yang ada berhak masuk di DPT atau pun jangan sampai ada semestinya tidak masuk lagi ke DPT kembali masuk ke DPT itu sangat penting kepada ppkd memastikan itu," tegasnya.

Hadir dalam bintek tersebut Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjabtim, Safarudin,S.IP serta rombongan, kepala seketariat Ambo Ogik serta staf, Bawaslu Kecamatan dan seluruh PPKD se Keacamatan Nipah Panjang.  

 


Penulis: Buyamin
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement