PKM Didorong Perbanyak Pemberian Yankes ke Masyarakat diluar Gedung



Jumat, 20 Januari 2023 | 11:30:58 WIB



Kadis Kesehatan Ns Ernawati, Skm, Skep.
Kadis Kesehatan Ns Ernawati, Skm, Skep.

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE,Id, Tanjabtim - Dinas Kesehatan Tanjabtim, Jambi mendorong pengelola Puskesmas di wilayahnya untuk memperbanyak memberikan pelayanan kesehatan (Yankes) kepada masyarakat di luar Gedung. 

"Kami (Dinkes,red) mendorong PKM-PKM menerapkan pemberian pelayanan jemput bola, diharapkan ini akan menjaga taraf kesehatan masyarakat tetap tinggi. Ini sejalan dengan program peningkatan pembangunan kesehatan daerah yang dijalankan pak Bupati Romi ," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanjabtim, NS, Ernawati, Skm, Skep, Jumat (30/1/2023).

Kadinkes ini mengungkapkan, terkadang sebagian masyarakat engan memeriksakan kesehatannya secara langsung di Puskesmas dikarenakan kesibukan sehari-hari, hingga mereka lupa akan kesehatan mereka. 

"Tidak sakit itu bukan berarti kita sehat sepenuhnya. Lebih baik memeriksakan kesehatan kita sejak dini, guna meminimalisir penyakit yang akan timbul. Ini kenapa penting bagi kawan-kawan di puskesmas agar menyiapkan pelayanan dliuar kantor," ungkapnya. 

Intinya, sambung Erna, ke puskesmas itu tidak mesti untuk orang sakit saja, orang sehatpun mesti ke puskesmas, guna memeriksakan kesehatannya dari gejala gejala penyakit, sepeti memeriksakan Gula Darah dan lain sebagainya. 

"Misalnya, kita jangan main main sama penyakit Gula Darah atau Diabetes, sebab penyakit itu dapat membuat kita sakit keras bila tidak kita atasi sedari sekarang. Karna dari diabetes ini bisa memperparah penyakit yang pernah kita derita," katanya mencontohkan.

Masih kata Erna, Diabetes itu bisa membuat penyakit komplikasi hinga berujung pada kematian. 

" Sehat itu mahal, karna sehat itu tidak bisa dinilai sama uang dan segalanya," ujarnya. 

Untuk menjaga kesehan sedini mungkin, sebut Erna, diharapkan Masyarakat bisa konsultasi kepada tenaga medis, Baik itu di Pustu maupun puskesmas. 

"Untuk menjaga kesehatan Masyarakat ini, Kita juga akan turun ke Desa dan Kelurahan," tutupnya.

 


Penulis: Baharuddin
Editor: Arip basuni
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement