Diknas Tanjabtim Serahkan Beasiswa Siswa - Siswi



Kamis, 22 Desember 2022 | 23:53:45 WIB



Penyerahan Beasiswa Kepada Siswa dan Siswi Tanjabtim
Penyerahan Beasiswa Kepada Siswa dan Siswi Tanjabtim

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id, Muarasabak - Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Tanjung Jabung Timur ( Tanjab Timur ) menyerahkan bantuan biaya pendidikan kepada anak SD, SMP hinga Jenjang SMA sederajat secara simbolis. Kegiatan itu berlangsung di ruang aula Kantor Bupati setempat, Kamis (22/12/22) pagi. 

Adapun beasiswa yang diberikan Pemda setempat tersebut, bersumber dari dana CSR PT. Petro China Jabung International Ltd Tahun anggaran 2022. 

Kepala Dinas Pendidikan, M Edward dalam laporannya menyampaikan bahwa Beasiswa tersebut berdasarkan kerjasama pihaknya bersama PT. Petrochina Jabung International Ltd. Untuk Tahun 2022 Ini, diperuntukan terhadap 925 Anak, Mulai dari jenjang SD hingga SMA sederajat.

" Beasiswa ini diperuntukkan untuk Anak SD Sebanyak 614 Orang. Lalu Siswa SMP sebanyak 160 Orang. Sedangkan siswa tingkat SMA sederajat sebanyak 151 orang anak ," Papar Edward. 

" Bantuan ini nantinya akan disalurkan langsung melalui rekening Siswa - Siswi itu ke Tabungan simpanan pelajar Bank Jambi," Terangnya. 

Bupati Tanjabtim H. Romi Harianto, S.E dalam sambutannya yang diwakili Sekda Sapril, S.Ip menyampaikan apa yang diberikan Pihak PT. Petrochina Jabung International Ltd ini dapat diikuti oleh pelaku usaha lainnya, sebagai bentuk kepedulian kita bersama dalam upaya memajukan dunia pendidikan ini. 

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS), Lanjut Sapril, Pada 2022 ini menunjukan ada kenaikan angka indikator Pendidikan Tanjab Timur, bila dibandingkan Tahun 2021. Dimana angka rata - rata lama sekolah, Tahun 2021, yakitu 6.92 Tahun. Lalu pada Tahun 2022, yakitu 7,19 Tahun. Sedangkan angka harapan lama sekolah, Pada Tahun 2021, yakitu 12, 17 Tahun. Dan pada Tahun 2022, yakitu 12, 18 Tahun. 

"Bila diartikan saat ini, rata - rata Penduduk berusia 25 Tahun ke atas, mengenyam pendidikan sampai kelas dua jenjang SMP. Dan anak berusia tujuh tahun keatas mempunyai harapan lama sekolah setara dengan diploma ," Papar Sapil. 

Kalau secara faktual, Kata Sapril, disparitas partisipasi sekolah antar kelompok Masyarakat di Daerah ini masih cukup tinggi. Adapun Angka Partisipasi Kasar (APK) keluarga yang mampu secara ekonomi secara umum lebih tinggi bila di bandingkan dengan APK keluarga tidak mampu, yang terkadang dihadapkan pada persoalan biaya. Walaupun saat ini sudah ada bantuan Operasional bagi Sekolah, masih terdapat beberapa biaya yang ditanggung sendiri oleh peserta didik, seperti seragam, alat tulis, biaya transportasi dan uang saku.

" Pada prinsipnya pendidikan yang layak adalah hak konstitusional setiap warga negara ," Tuturnya.

Sebagai implementasi dari tangung jawab Pemerintah Daerah dibidang Pendidikan, terutama dalam percepatan pencapaian wajib belajar 12 Tahun, peningkatan angka rata - rata lama sekolah dan angka harapan lama Sekolah, Pemda Tanjabtim melaksanakan program " Tanjung Jabung Timur Belajar " dengan fokus dan strategi antara lain, menekan angka putus Sekolah, yang bisa saja disebabkan kurangnya biaya. 

" Kepada Orang tua Siswa dan Siswi  penerima bantuan, agar dapat mengunakan dana yang diterima hanya untuk kepentingan penunjang biaya sekolah anak dan tidak menggunakannya unyuk kepentingan lain ," Himbaunya.

Sementara, Government and Relations Advisor Petrochina Jabung International Ltd, Ahmad Ramadlan menyampaikan bahwa Sumber Daya Alam suatu saat pasti akan habis. Namun Sumber Daya Manusia (SDM) tidak akan ada habisnya. Maka dari itu Kami Petrochina sangat peduli dalam peningkatan SDM melalui dunia pendidikan ini. 

" Semoga bantuan beasiswa miskin dan prestasi ini dapat mendorong percepatan pencapaian wajib belajar 12 Tahun di Tanjab Timur ," Ucapnya. 

Sementara itu, Departemen Kelembagaan dari SKK Migas pusat Jakarta, Herfan F Pandeirot pada kesempatan itu menjelaskan, Dimana SKK - Migas adalah suatu Badan yang ditunjuk Pemerintah yang bertugas mencari, mengangkat dan mengumpulkan Indeks Bumi di tanah Indonesia. Disini, Kami bekerjasama sama Petrochina dalam konteks bagi hasil. 

" Semoga pemberian bantuan ini bermanfaat. Besar harapan kami, adik - adik dari tingkatan SD, SMP maupun SMA ini akan terus dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi," Harapnya. 

 

 

 

 

 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Akhmad SF
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement