Satgas Pangan Adakan Opsar dan Lakukan Sidak.



Minggu, 18 Desember 2022 | 22:10:09 WIB



Satgas Pangan Tanjab Timur Saat adakan Opsar dan Lakukan Sidak Pasar.
Satgas Pangan Tanjab Timur Saat adakan Opsar dan Lakukan Sidak Pasar.

Advertisement


Advertisement

eNewsTimE.id,Muarasabak - Menetralisir kebutuhan pangan dalam menyambut natal dan tahun baru 2022, Satgas Pangan Kabupaten Tanjab Timur mengadakan Operasi Pasar, sekaligus melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di pasar Rakyat Blok D, Kelurahan Pandan Jaya Kecamatan Geragai, Minggu (18/12/22). 

Dalam mengelar Operasi Pasar dan Sidak, Satgas Pangan bekerjasama sama Bulog kancab Kuala Tungkal. 

Pada Opsar yang digelar, Bulog menyediakan Beras Premium sebanyak 125 Kg yang dijual dengan harga Rp. 12.000/kg, serta Beras Medium sebanyak 800 kg dengan harga Rp. 9.000/kg. Bulog juga menyediakan minyak Goreng Kemasan sebanyak 276 Liter yang diharga Rp. 13.500/liter. Lalu Gula pasir sebanyak 150 kg yang dijual seharga Rp. 13.500/kg. 

Menakjubnya lagi, Semua bahan pokok yang digelar dalam operasi pasar tersebut habis terjual dalam waktu singkat, kurang dari 2 jam.

Sementara itu dalam kegiatan Sidak Pasar, Satgas Pangan menemui beberapa makanan dan minuman kemasan kadarluwarsa yang sudah dipisahkan dan tidak diperjual belikan lagi oleh pemilik toko. 

Kapala Dinas Ketahanan Pangan Fajar Alamsyah menuturkan, Sidak makanan dan minuman yang beredar, bertujuan untuk melindungi konsumen dari barang dan makanan yang tidak layak lagi dikonsumsi. Adapun yang diteliti secara detail dalam kegiatan pengawasan tersebut, diantarnya keterangan kedarluwarsa, label halal, bahan produksi, serta kandungan gizi. Selain hal tersebut, diteliti juga izin beredar baik yang dikeluarkan oleh BPOM RI maupun Dinas Kesehatan.

" Kita harapkan, Masyarakat juga harus teliti sebelum membeli maupun mengkonsumsi makanan yang dibeli di toko. Diperhatikan benar masa kedaluwarsa, terus kemasan barang tersebut. Jika kemasan nya sudah rusak, sebaiknya jangan dibeli dan segera kasih tau kepada pemilik toko, agar tidak lagi dijual," Terangnya. 

" Selanjutnya akan dilaksanakan kembali Operasi Pasar dan Sidak Pasar di Kecamatan Mendahara Ulu pada Rabu (21/12). Lalu Kecamatan Muara Sabak Barat pada Kamis (22/12), dan  Kecamatan Muara Sabak Timur pada hari Jumat, (23/12) ," Beber Alam panggilan akrabnya. 

Adapun pada kegiatan itu, Satgas pangan didampingi Kepala Satpol PP dan Damkar, Camat Geragai, Dinas Perindag, Dinas Perkebunan dan Peternakan serta Lurah Pandan Jaya.

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Ahmad Arif Basuni
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement