PAN Mesti Bangga Romi Siap Maju di Pilgub Jambi



Kamis, 09 Juni 2022 | 19:49:43 WIB



H. Romi Hariyanto
H. Romi Hariyanto DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.id – Salah satu kader muda potensial Partai Amanat Nasional (PAN), Sulpani mengaku bangga dengan mentornya di PAN, yaitu Romi Hariyanto yang bersiap untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi tahun 2024 mendatang. ‘’Ya, semua kader PAN mesti bangga karena ada kader PAN (Romi Hariyanto) yang siap maju di Pilgub Jambi nanti,’’ ungkap Sulpani, di Kantor DPD PAN Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang terletak di bilangan Kelurahan Talang Babat, Kamis (9/6/2022).

Dia menyebutkan, langkah Romi bersosialisasi ke  sejumlah daerah akhir-akhir ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk ikut bertarung di Pilgub Jambi 2024. ‘’Upaya yang Bang Romi bangun melalui jaringan PAN Kabupaten/Kota, jaringan pertemanan, kekerabatan, baik itu komunitas hobinya di Offroad, maupun jejaring sesama Kepala Daerah, dapat dimaknai sebagai langkah realistis persiapan itu,’’ tuturnya.

Lebih lanjut Sulpani mengatakan, nanti bisa terlihat bagaimana animo masyarakat Jambi terhadap Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto. Disinilah diuji banyak atau tidaknya dukungan itu. ‘’Saya kira saya tidak dalam kapasitas yang pas untuk menegaskan bahwa dia layak diterima, biarlah waktu yang membuktikan,’’ sebutnya. ‘’Namun sepengetahuan saya sejauh ini sosok Romi cukup merepresentasikan harapan publik. Low profile, humble, non protokoler dan dikenal sangat tegas terutama dalam menegakkan prinsip. Baik diurusan birokrasi maupun urusan politik,’’ imbuhnya.

Dikalangan Pengusaha, Romi dikenal sebagai Kepala Daerah yang clear. Dalam pengurusan izin usaha, seperti izin usaha pabrik atau perizinan lainnya, pengusaha atau investor tidak ada dibebankan biaya-biaya siluman. ‘’Itu yang saya dengar langsung dari teman yang kebetulan punya usaha di Tanjabtim. Begitu pula isu jual beli jabatan, saya belum pernah dengar ada harga untuk sebuah jabatan. Lihat saja formasi para pembantunya baik ditingkat eselon dua maupun di bawahnya, rata-rata diisi birokrat yang mumpuni. Makanya saat ada pembantunya yang nakal dia tak segan memberi hukuman bahkan sampai nonjob. Saya kira sangat mudah menelusuri soal ini, ribuan ASN Tanjabtim itu bisa dicek secara acak,’’ bebernya.

Terkait komitmen perusahaan terhadap lingkungan masyarakat sekitar, sikap Romi sangat tegas. Sebut saja bagaimana seorang Romi pada salah satu event besar daerah itu dengan lantang mengungkap kekecewaannya terhadap salah satu perusahaan besar yang menurutnya tidak peka membantu kebutuhan masyarakat. Atau saat dia menunjukkan kegeramannya pada perusahaan besar lain yang setengah hati mengakomodir tenaga kerja lokal. ‘’Diksi yang dia gunakan mengungkap hal-hal itu langsung didepan petinggi perusahaan bersangkutan kadang terdengar kasar. Tapi dari situ kita bisa melihat bahwa dia berani begitu bisa dipastikan karena memang tidak ada kepentingan pribadi pada perusahaan-perusahaan besar itu,’’ ucap Sulpani.

Soal kedekatan dengan masyarakat, Romi sadar betul bahwa dia berasal bukan dari keluarga ningrat. Dia cuma anak seorang pengumpul besi tua, Ibunya hanya Ibu rumah tangga biasa. Anda bisa lihat bagaimana seorang Bupati bercengkerama dengan warganya tanpa batasan hierarki status sosial. ‘’Figur merakyat itu yang kemudian menghantarkan dia didukung kembali pada periode keduanya sebagai Bupati meski dia maju Pilbup lewat jalur perseorangan 2020 lalu. Sebelumnya sebagai Ketua DPD PAN dia juga berhasil kembali membawa PAN sebagai pemenang Pemilu 2019 dengan perolehan suara mayoritas lebih dari setengah parlemen. Jadi saya kira itikadnya untuk bertarung di Pilgub Jambi 2024 mestinya dilihat kader PAN sebagai keniscayaan yang patut didukung,’’ tukasnya.


Penulis: AKHMAD. SF
Editor: BAHARUDDIN
Sumber: eNewsTimE.id


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement