Camat Taufiq Pimpin Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Rawat Inap Kampung laut



Senin, 11 Oktober 2021 | 17:25:52 WIB



Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan  Kuala Jambi, BAHARUDDIN/NT
Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektor Kecamatan Kuala Jambi, BAHARUDDIN/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut melaksanakan rapat Lokakarya Mini Lintas Sektor tribulanan ketiga tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Camat Kuala Jambi, Senin (11/10/2021) di B Cafe.

Selain Camat Kuala Jambi,kegiatan juga dihadiri Danramil Muara Sabak, Kapolsek, KUA Kuala Jambi, Korwil Kuala Jambi, seluruh Kades dan Lurah PPKB, Puskesmas Kampung Laut, PKK Kecamatan Kuala Jambi.

Diketahui, kegiatan ini bertujuan untuk menginvenatrisi permasalahan dan mencari solusi pemecahan masalah yang ada, serta menyusun rencana kegiatan triwulan berikutnya.

Seperti yang disampaikan Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan S.STP, lokakarya mini lintas sektoral triwulan IIl ini sebagai wadah untuk evaluasi capaian program kesehatan dan penguatan pelayanan kesehatan masyarakat di Kecamatan Kuala Jambi.

"Dalam kegiatan ini kita membahas evaluasi 3 bulan kebelakang terkait pelayanan kesehatan masyarakat Kuala Jambi," ucapnya.

Selanjutnya, berdasarkan Indeks Keluarga Sehat (IKS) di tahun 2020, meskipun belum kategori sehat, tetapi Kuala Jambi menepati urutan tertinggi se Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Permasalahan IKS kita terletak di ketersediaan jamban sehat dan masih tingginya angka perokok," ungkap Camat.

Lebih lanjut, Camat mengatakan bahwa Vaksinasi di Kecamatan Kuala Jambi masih rendah. Oleh karena itu, pihaknya akan menggelar Vaksinasi massal.

"Untuk 3 bulan ke depan Kita akan fokuskan pelaksanaan Vaksinasi di Kuala Jambi dikarnakan masih rendah di angka 40%," tukas Camat.

Ditambahkannya, kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa se Kuala Jambi dihimbau untuk mengajak masyarakat mengikuti Vaksinasi.

"Saya menghimbau kepada seluruh Lurah dan Kepala Desa untuk mengintruksikan kepada masyarakat agar mengikuti Vaksinasi pada hari Rabu dan Kamis besok di kantor Desa Teluk Majelis, Puskesmas Kampung Laut dan Dermaga Kuala Jambi," tutup Camat.

Kepala Puskesmas Rawat inap Kampung Laut Apt. DARMA SATRIA, S.Farm mengatakan, perhatian untuk pentingnya persalinan d fasilitas pelayanan kesehatan harus terus digalakkan.

"Memang saat ini, untuk persalinan di Puskesmas Kita sudah cukup baik untuk diakhir tahun lalu, mencapai 91,03 %," ucapnya.

Selanjutnya, pada masa pandemi ini, tambah Darma, dengan keterbatasan ruang dan tempat Puskesmas harus berinovasi dalam upaya pemenuhan SPM bidang kesehatan yag sudah ditargetkan. "Apalagi ini penghujung RPJMD kabupaten 2016 2021," tukasnya.


Penulis: Baharuddin/NT
Editor: Baharuddin/NT
Sumber: eNewsTimE

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement