Tim Satgas Karhutla Lakukan Solisasi dan Patroli



Jumat, 14 Agustus 2020 | 16:49:48 WIB



Lepas menyambangi warga
Lepas menyambangi warga Buyamin

Advertisement


Advertisement

SADU,eNewsTimE.co- Dalam menyikapi hasil rapat ditingkat Propinsi Jambi dan berdasarkan kejadian-kejadian tahun lalu, dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan. Maka Forkopinda Propinsi Jambi membentuk satu Satuan Tugas Penanganan Karhutla yang terdiri dari instansi terkait seperti TNI, Polri, Manggal Agni, Kehutanan yang berjumlah 30 orang personil dibagi dalam 3 lokasi sektor wilayah masing-masing 10 orang yakni  di Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak, Desa Sungai Sayang dan Desa Air Hitam Laut Kec.Sadu, dimana ketiga lokasi ini rentan terjadi kebakaran lahan dan hutan yang disebabkan oleh manusia.  Turut serta dalam Satgas tersebut beberapa anggota Koramil 419-04/Np.Panjang.

Selama kurang lebih 12 hari sudah melaksanakan sosialisasi dan patroli dengan cara mendatangi, memberikan wejangan ke rumah warga dari desa ke desa secara estapet sangatlah efektif, terlihat selama keberadaan tim satgas gabungan tersebut tidak ada kejadian ataupun ditemukan titik hotspot di wilayah tersebut yang selama ini sangat rentan akan kejadian kebakaran lahan dan hutan.

Tim Satgas yang di komandoi oleh Mayor Arm Acok Tenrisiau S.Pd ini bertujuan untuk memininalisir warga untuk tidak melakukan pembakaran dan mencari para pemalak liar yang memasuki kawasan hutan TNBS di sekitar desa-desa tersebut.

Menurut Danramil Kapten Inf Adil Tarigan keterlibatan personil Koramil 419-04/Np.Panjang ini menjadi pemandu dan penunjuk lokasi-lokasi yang perlu dilakukan sosialisasi dan patroli secara rutin dikarenakan mereka sendirilah yang lebih faham dan mengetahui wilayah tersebut dari pada personil tim satgas dari Korem,Brimob Polda Jambi,Dinas Kehutanan tersebut.

"Kegiatan ini diharapkam dapat berkelanjutan dan berpengaruh besar ada timbul rasa ketakutan akan niat-niat mereka untuk melakukan pembakaran dilahan mereka," pangkasnya.


Penulis: Buyamin
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement