PMI List Calon Pendonor Darah

Antisipasi Kurangnya Pendonor Akibat Covid - 19


Jumat, 08 Mei 2020 | 15:47:26 WIB



Sekretaris PMI Kabupaten Tanjabtim Hendriyanto
Sekretaris PMI Kabupaten Tanjabtim Hendriyanto

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Antisipasi kurangnya pendonor darah akibat Pandemi Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) membuat list calon pendonor darah.

Sekretaris PMI Tanjabtim, Hendriyanto mengatakan, kebutuhan akan darah bagi masyarakat yang menjalankan operasi saat ini masih rendah, sementara stok darah untuk Unit Transpusi Darah (UTD) mulai terkendala akibat pendonor berkurang akibat Covid-19. Namun PMI telah memprogramkan lits calon pendonor darah. ‘’Saat ini untuk stok darah kemungkinan masih dilevel aman, namun tidak tahu kedepannya,’’ katanya, pada beberapa hari lalu.

Dia menjelaskan, dalam program list calon donor darah itu, pihaknya sudah memiliki calon-calon pendonor tersebut. Jika UTD Kota Jambi atau Rumah Sakit membutuhkan darah, PMI Tanjabtim siap membantu mensuplai calon donor darah tersebut dengan melalui list calon donor tersebut. ‘’Calon pendonor kita sudah lebih kurang sekitar 50 orang masyarakat asli Tanjabtim,’’ ungkapnya. 

Menurutnya, bagi masyarakat yang membutuhkan darah, pihaknya selalu menjaga kesehatan para calon pendonor tersebut. Sehingga darah yang dibutuhkan masih sangat baik digunakan. ‘’Ditengah bencana wabah Virus Corona ini, terkendala untuk mencari pendonor,’’ katanya. 

Dia menyebutkan, stok darah masih tersedia di UTD Kota Jambi. Hal itu dikarenakan di Rumah Sakit Umum Daerah Nurdin Hamzah Muaarsabak sendiri belum dapat menampung penyimpanan darah dalam skala besar. ‘’Sebab, Unit Transpusi Darah (UTD) yang tersedia belum sepadan. Yang mana dalam penyediaan darah itu MoU pihak Rumah Sakit Nurdin Hamzah dengan PMI Kota Jambi. Untuk saat ini kebutuhan akan darah masih rendah atau belum begitu signifikan. Dan hal itupun dapat dilihat dari frekuensi kegiatan operasi bedah di Rumah Sakit. Intinya untuk kebutuhan darah saat ini masih dilevel aman,’’ tukasnya.

 

 

 

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement