Musrenbang, Tanjung Solok Prioritaskan Infrastruktur Jalan dan SDM



Kamis, 23 Januari 2020 | 21:28:04 WIB



Lurah Tanjung Solok, Rasyid bersama Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan dan undangan
Lurah Tanjung Solok, Rasyid bersama Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan dan undangan BAHAR/NT

Advertisement


Advertisement

KUALA JAMBI, eNewsTimE.co – Pemerintah Kelurahan Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) tahun anggaran 2021 di Aula Kantor Kelurahan Tanjung Solok, Kamis (23/1).

Turut hadir dalam Musrenbang tersebut, Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan, S.STP beserta staf, Babinsa Tanjung Solok, Serka Rowandi, Kepala Puskesmas Kuala Jambi, Kader PKK Kecamatan dan Kelurahan, Ketua RW dan RT se Kelurahan Tanjung Solok, Tokoh Agama dan Masyarakat.

Lurah Tanjung Solok, Rasyid, SE mengatakan, bahwa di Kelurahan Tanjung Solok ini masih memprioritaskan masalah infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM). Seperti pembangunan jalan rabat beton dan lain sebagainya. ‘’Yang jelas ada berbagai usulan masyarakat terkait pembangunan jalan, dan itu akan dibawa ke tingkat Musrenbang Kecamatan,’’ sebutnya.

Dia menerangkan, semua kegiatan yang menggunakan APBD tungkat I, dan tingkat II serta APBN harus dilaksanakan Musrenbang, yang nantinya akan dituangkan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM). ‘’Untuk itu, dibuat lah kegiatan Musrenbang, baik itu ditingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga ke tingkat nasional. Dan itu semua harus masuk dalam RPJM,’’ katanya.

Rasyid juga menjelaskan, sejak kelurahan telah mendapatkan Dana Kelurahan (DK) yang bersumber dari APBN, seluruh Kelurahan bisa membangun diri untuk kebutuhan wilayah masing-masing. ‘’Bedanya dulu kita Kelurahan mengikuti RPJM Kecamatan, tapi sekarang karena kita ada DK, jadi kita ada RPJM Kelurahan sendiri,’’ ungkapnya.

Harapan kedepanya, pemuda dan tokoh masyaraktat serta seluruh unsur, bersama-sama mengawasi pembangunan yang ada di Kelurahan Tanjung Solok. ‘’Setiap pembangunan yang ada di Tanjung Solok didukung oleh semua unsur. Baik itu masyarakatnya, Pemuda, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama, agar bisa bersama-sama mengawasi pembangunan yang ada di Tanjung Solok,’’ harapnya.

Sementara itu, Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan mengatakan, bahwa pelaksanaan Musrenbang terdiri dari beberapa tingkatan, yakni mulai dari tingkat Kelurahan/Desa, tingkat Kecamatan, tingkat Kabupaten dan tingkat Provinsi hingga sampai ke tingkat nasional. ‘’Artinya pembangunan diseluruh wilayah itu berjenjang yang diawali Musrenbang ditingkat Desa dan Kelurahan. Lurah yang menyampaikan usulan pada saat tingkat Kecamatan. Artinya, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat akan ditampung di dalam Musrenbang ini,’’ ungkapnya. ‘’Harapan kita kedepan untuk Kelurahan Tanjung Solok semakin baik lagi, pembangunan baik dari infrastruktur pemberdayaan SDM dan lain sebagainya mudah-mudahan kedepan Kelurahan Tanjung Solok yang sama-sama kita cintai ini bisa bersaing dengan Kelurahan-Kelurahan yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur,’’ harapnya.


Penulis: BAHAR
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement