Perpusda Tanjabtim Gelar Bimtek



Rabu, 27 November 2019 | 11:29:06 WIB



Foto bersama
Foto bersama Akhmad,sf

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co- Bertempat di Aula Mess PKK Bukit Benderang, Senin (25/11) kemarin Dinas Perpustakaan Daerah (Persuada) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan.

Asisten Administrasi Umum H. Asman Daydy, S. Sos dalam sambutannya menyatakan bahwa sesuai amanat Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, menghendaki agar bangsa Indonesia sejahtera, serdas dan dapat berperan di Dunia International. Untuk mewujudkannya, perlu adanya dukungan pendidikan yang bermutu tinggi. Sehingga dapat dinikmati oleh seluruh komponen bangsa. "Dilihat dari persfektif tata dunia baru, buku merupakan salah satu sarana yang tidak dapat sepenuhnya tergantikan oleh sarana penyimpanan informatif lain," paparnya.

Mantan Sekwan ini juga mengatakan, bentuk fisik dan informasi yang terkandung pada buku perlu dikelola dan dilestarikan di perpustakaan sebagai rekaman budaya dan sejarah kehidupan bangsa. Soalnya rekaman budaya dan produk intelektual ini akan menjadi kebanggaan serta acuan dalam pengembangan nasionalisme dimasa mendatang.  "Kegiatan Bimtek pengelolaan perpustakaan ini sangat baik. Maka kepada para peserta, ikutilah kegiatan ini dengan sebaik - baiknya," tuturnya.

Menurutnya, perpustakaan ini merupakan ujung tombak dari keberhasilannya pembangunan manusia di bidang pendidikan dan ekonomi. Dengan begitu, perpustakaan diharapkan mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru, serta dapat menjadi solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.  "Pemerintah mempunyai kewajiban untuk membina dan mengembangkan kopetensi, profesionalitas pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan. Sehingga terwujud peningkatan dalam pengelolaan dan pengembangan perpustakaan berbasis standar national," ulasnya.

Karena, kata Asman, pembinaan dan pengembangan perpustakaan merupakan sesuatu hal yang penting untuk dilaksanakan secara berkelanjutan. Maka upaya Pemerintah dalam mencerdaskan dan mensejahterakan anak bangsa bisa tercapai dan terwujud.  "Kepada para peserta kita harapkan, selepas Bimtek ini nantinya dapat mengelola dan mengembangkan perpustakaan secara berkelanjutan dengan baik," ucapnya.

Sementara Ketua Panitia Drs. Arman menyampaikan bahwa kegiatan ini guna menambah wawasan terhadap pengelola perpustakaan dan meningkatkan kualitas layanan perpustakaan, serta guna meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan perpustakaan berbasis standar nasional.  "Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh sebanyak 40 peserta, baik pengelola perpustakaan Desa maupun Sekolah Dasar dan SLTP," terangnya.

Kegiatan ini, dilaksanakan selama tiga hari lamanya, terhitung sejak 25 hingga 27 November.


Penulis: Akhmad,sf
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement