Disdukcapil Rekam Data Warga Berumur 100 Tahun Lebih



Selasa, 05 November 2019 | 14:50:28 WIB



Saat melakukan perekaman
Saat melakukan perekaman Akhmad,sf

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) merekam data warga yang berusia diatas 100 tahun.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Tanjabtim, Aruji melalui Kabid PIAK, Arie Trisnasari mengaku baru kali ini merasa istimewa. Karena selama ia mengemban amanah sebagai Kabid, baru kali melakukan perekaman terhadap masyarakat yang usianya diatas 100 tahun. ‘’Jarang-jarang bisa melaksanakan perekaman kepada warga yang umurnya 100 an tahun,’’ ungkapnya, pada beberapa hari lalu.

Dia menjelaskan, selama ini, Nyai Sinap, warga Pasar Rano, Kelurahan Rano, Kecamatan Muarasabak Barat tersebut menggunakan data kependudukan secara manual. Sedangkan identitas secara manual tidak berlaku dan akan dimusnahkan. ‘’Sementara Beliau itu wajib dan berhak memiliki KTP Elektronik. Dalam program penuntasan kepemilikan E-KTP inilah semua masyarakat akan didata ulang,’’ terangnya.

Arie berharap kepada masyarakat Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung ini yang belum memiliki dokumen kependudukan, baik KTP Elektronik, KK, Akte Kelahiran, Akta Kematian dan dokumen lainnya segeralah mengurusnya sebelum terjadinya desakan akan kebutuhan identitas kependudukan tersebut. ‘’Kalau bisa segeralah mengurus dokemun kependudukan anda, jangan pas diperlukan baru mengurusnya,’’ ucapnya.

Wajib KTP Elektronik ini, kata Arie, sudah mulai digalakan Pemerintah sejak tahun 2011 silam. Yang mana perbelakuan identitas secara elektronik itu guna penataan ulang kependudukan menuju single indetiti number. ‘’Bila satu identitas, tidak akan terjadi identitas ganda dan data valid. Dan sekarang ini data langsung terupdate di pusat dan terbaca langsung masuk data base,’’ tandasnya.


Penulis: Akhmad,sf
Editor: Beni
Sumber: TimurEkspres

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement