Manfaatkan Mumen Penting, Dukcapil Tanjabtim Maksimalkan Pelayanan KIA



Minggu, 04 Agustus 2019 | 12:58:40 WIB



Stap Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kabupaten Tanjabtim Imbron, TB menyerahkan KIA Kepada Pihak Sekolah
Stap Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan Kabupaten Tanjabtim Imbron, TB menyerahkan KIA Kepada Pihak Sekolah

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTime.co - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) selalu berupaya maksimal dalam pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), terutama dengan memanfaatkan momen penting.

Kepala Dinas Dukcapil Tanjabtim, Aruji mengatakan, seperti pada kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Tanjabtim yang berlangsung di Desa Rantau Makmur, Kecamatan Berbak pada beberapa waktu lalu, pihaknya melayani sebanyak 406 orang anak dalam pembuatan KIA. Yang mana yang dapat diserahkan bari sebanyak 75 keping. ‘’Sisanya dalam waktu dekat ini diusahakan sudah tercetak semua,’’ paparnya, kemarin.

Dalam pelayanan pembuatan KIA itu, sasarannya adalah sekolah-sekolah dan momen penting. ‘’Untuk melayani pembuatan KIA itu, dalam waktu dekat kita akan memprioritaskan warga Kuala Lagan. Karena akan diadakannya P2WKSS di Desa Kuala Lagan, momen itu akan kami manfaatkan,’’ ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan pembuatan serta percetakan KIA, kedepannya pihak Dukcapil membutuhkan daya dukung, seperti alat percetakan khusus, atau yang baru. ‘’Soalnya saat ini cetak KIA masih mengunakan alat cetak E-KTP. Di APBD Perubahan ini kita usulkan satu alat baru untuk khusus percetakan KIA,’’ ujarnya.

Selain itu, Dukcapil juga sangat membutuhkan dukungan anggaran untuk pembelian blanko. Karena saat ini blanko masih di droping dari Pemerintah Pusat. Sedangkan operasionalnya di dukung APBD. ‘’Karena pusat hanya droping awal, maka di 2020 mendatang kita butuh APBD,’’ tandasnya.


Penulis: Akhmad SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: eNewsTime.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement