Romi Tidak Ingin Ada Monopoli Harga Kelapa



Kamis, 14 Maret 2019 | 14:02:04 WIB



Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto
Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto Akhmad Sulian Firdaus

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co – Kabar gembira bagi para Petani Kelapa Dalam yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Diperkirakan pada bulan Juli mendatang, PT. Huma Indo Kelapa (HIK) yang berada di Kelurahan Kampung Singkep, Kecamatan Muarasabak Barat, akan beroprasi. Pabrik pengolahan Kelapa ini akan menampung Kelapa bulat 100 Ton Perhari.

Bupati Tanjabtim, Romi Hariyanto meminta PT. HIK membuka seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin menyuplai Kelapa ke PT. HIK. Romi tidak ingin ada monopli segelintir orang. Makanya, untuk persoalan ini Romi meminta perusahaan berkoordinasi dengan Pemda Tanjabtim. ‘’Kita tidak punya maksud apa-apa. Kita hanya tidak ingin ada monopoli, dan pada kahirnya merugikan Petani. Mau kita Perusahaan untung, Delivery Order (DO) untung, petani juga untung,’’ tegas Bupati Romi, Kamis (14/3) kemarin.

Sementara itu, Manager PT. HIK, Husin Arifinmenyatakan, bahwaPabrik ini akan menampung Kelapa Dalam dengan harga yang lebih baik dari saat ini. Dan yang terpenting adalah kestabilan harga Kelapa Dalam dapat terjaga. ‘’Kita dalam menentukan harga pembelian Kelapa Dalam dari petani berlaku seminggu. Dan kita akan transparan soal harga, kita akan umumkan setiap hari Sabtu. Artinya, kalau kita sudah umumkan Sabtu harga sekian, harga itu akan berlaku hingga Sabtu depan,’’ kata Husin Arifin.

Dijelaskannya, PT. HIK akan mengolah Kelapa menjadi beberapa turunan. Diantaranya, Tepung, Minyak, Bungkil dan Tempurung. Produk yang dihasilkan ini 80 persen akan diekspor ke Luar Negeri. Tepung dan Minyak akan diekspor ke Thailand sebanyak 80 persen dari hasil produksi nantinya. ‘’Produk kita nanti memang semuanya standar ekspor. Thailand sudah minta dengan kita. Yang didalam Negeri Jakarta palingan hanya 20 persen. Sisanya kita ekspor,’’ tukasnya


Penulis: Akhmad Sulian Firdaus
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement