Bupati dan Wabup Kerinci Dianugerahi Gelar SKO dari Adat Tigo Luhah Semurup



Minggu, 28 April 2019 | 16:24:45 WIB



Bupati Adirozal dan Wabup Ami Taher, Dianugerahi Gelar SKO dari Adat Tigo Luhah Semurup
Bupati Adirozal dan Wabup Ami Taher, Dianugerahi Gelar SKO dari Adat Tigo Luhah Semurup AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

KERINCI,- eNewsTimE.co - Bupati Kerinci H. Adirozal dan Wakil Bupati Kerinci H. Ami Taher dianugerahi gelar SKO kehormatan oleh adat Tigo Luhah Semurup, dalam acara kenduri SKO Tigo Luhah Semurup, yang bertempat di desa Balai Semurup, kecamatan Air Hangat, kabupaten Kerinci, Minggu (28/04).
 
Dimana awalnya Bupati Kerinci langsung menuju rumah Gedang Rajo Simpang Bumi Dusun Gedang Semurup, pemasangan baju adat, karna gelar SKO, diberikan mulai dari Rajo Simpang Bumi yang memberikan gelar kepada Bupati Kerinci Adirozal dengan gelar Sibumi Tuo Makuto Alam.
 
Begitu juga dengan Wabup Kerinci Ami Taher, menuju rumah gedang Mangku Rajo pemasangan baju adat, karena gelar SKO, diberikan mulai dari rumah gedang Mangku Rajo, yang memberikan gelar kepada Wabup Kerinci, Ami Taher dengan gelar Depati Sibumi Putih Tanah Napuro Pemuncak Alam.
 
Selanjutnya, Bupati dan Wabup diarak menuju Umah Ninik Ajo Sangadu Dubalang, untuk proses penaikan Sko, pembacaan Khutbah Rajo, hingga pemasangan kris kepada Bupati dan Wabup Kerinci.
 
Bupati Kerinci, H.Adirozal, mengucapkan terimakasih atas Gelar Kehormatan SKO yang diberikan oleh adat Tigo Luhah Semurup kepada dirinya, dan menganggap gelar kehormatan yang diberikan tersebut sebagai tantangan baginya untuk berkarya lebih baik lagi menuju Kerinci Lebih Baik.
 
"Gelar SKO ini merupakan tanggung jawab yang cukup berat, namun jika secara bersama-sama dilakukan, maka kita yakin segala masalah akan mudah diselesaikan,"ujarnya.
 
Dikatakan Bupati kenduri SKO merupakan salah satu kebudayaan asli masyarakat Kerinci yang mengandung norma adat dan norma hukum. Bupati Adirozal juga menghimbau, masyarakat untuk menjadikan Kenduri SKO dan adat-adat Kerinci lainnya sebagai filter terhadap pengaruh negatif perkembangan dan kemajuan zaman, diantaranya penggunaan dan peredaran narkoba yang semakin marak.

Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI
Sumber: ENEWSTIME.CO

Tagar:

# KERINCI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement