FKOK Laporkan Pengusaha Jakarta Yang Diduga Merambah Hutan Produksi di Tanjantim



Rabu, 30 Januari 2019 | 00:21:31 WIB



Perkebunan Sawit Milik Warga Jakarta Yang Diduga diatas Lahan HP.
Perkebunan Sawit Milik Warga Jakarta Yang Diduga diatas Lahan HP.

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co- Forum Komunikasi Organisasi Kemasyarakatan (FKOK) Provinsi Jambi melaporkan dugaan perambahan Hutan Produksi (HP) oleh  pengusahaa Jakrta, Daten Barus kepada Dinas Kehutanan Provinsi Jambi.

Salah satu anggota FKOK Provinsi Jambi, Tawaf Ali mengungkapkan, bahwa pihaknya sudah melaporan dugaan perambahan Hutan Produksi lebih kurang seluas 70 hektar yang terletak di Desa Lagan Ulu, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). ‘’Laporan itu kita masukan ke Dinas Kehutanan Provinsi Jambi pada Senin, 28 Januari 2019 kemarin. Kita berharap Dinas Kehutanan melakukan pengecekan secepatnya,’’ ungkapnya, kemarin.

‘’Bilamana kawasan itu benar-benar masuk dalam kawasan HP, kita minta lahan itu dikembalikan atas fungsinya kembali. Adapun laporan itu, sebagai wujud nyata peran aktif organisasi dalam proses percepatan pembangunan yang berorientasi terhadap kepentingan publik yang terbebas dari praktek-praktek KKN ataupun pelangaran terhadap peraturan perundang-undangan,’’ imbuhnya.

Menurutnya, berdasarkan fakta di lapangan penggarapan lahan tanaman sawit berada dalam kawasan HP. Sehingga elah terjadi pelanggaran fungsi kawasan HP. ‘’Yang mana berdasarkan Surat Keputusan Menteri SK. 863/Menhut-2014 tertangal 29 September 2014. Bila benar kawasan itu masuk dalam HP, bearti selama ini terjadinya pembiaran. Pasalnya, diatas lahan tersebut sudah tertanam tanaman pohon sawit yang sudah besar,’’ tuturnya.

Hingga berita ini diturunkan, Daten Darus yang diduga pemilik lahan tersebut belum dapat memberikan keterangan menyangkut laporan FKOK Provinsi Jambi Tersebut. Saat dihubungi via ponsel, ponselnya terdengar nada aktif, namun tidak ada tanggapan. Kemudian Wartawan eNewsTimE.co menghubungi via SMS, juga tidak dijawab


Penulis: Akhmad SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement