Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjabtim Gelar Bintek



Rabu, 14 November 2018 | 10:49:04 WIB



Plt Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Rusdan Tanjung, S.Sos dan Asisten III Setda Tanjabtim Drs. Enizwar Fose Bersama Pengunjung Perpustakaan  Yang Mendapatkan Apresiasi
Plt Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Rusdan Tanjung, S.Sos dan Asisten III Setda Tanjabtim Drs. Enizwar Fose Bersama Pengunjung Perpustakaan Yang Mendapatkan Apresiasi

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,EnewsTime.co- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) mengelar pelatihan pengelolaan Perpustakaan di Mess PKK Tanjabtim, Rabu (14/11) kemarin. Dalam pembukaan Bintek tersebut, sekaligus menyerahkan Piala Lomba Perpustakaan Sekolah serta memberikan Apresiasi Kepada Pengunjung Terbaik tahun 2018.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto, SE dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Asisten III Setda Tanjabtim Drs. Enizwar menyebutkan, dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini, membawa dampak terhadap meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi. ‘’Perpustakaan merupakan institusi pengelolaan koleksi karya tulis, cetak dan karya rekam secanra profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi akan kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi masyarakat,’’ sebutnya.

Kehadiran perpustakaan itu, lanjutnya, bertujuan memberikan layanan kepada masyarakat, supaya dapat meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Seiring perkembangan teknologi dan perubahan sosial ekonomi masyarakat, sekarang perpustakaan ini identik dengan informasi yang mempunyai pengertian yang lebih luas. ‘’Dulu perpustakaan identik dengan buku, saat ini identik dengan informasi yang mempunyai pengertian yang lebih luas,’’’ ujarnya.

Menurutnya, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, telah mempengaruhi dinamika perpustakaan. Sebagian perpustakaan, telah bertranformasi kedalam bentuk perpustakaan digital (Digital Library). ‘’Koleksi perpustakaan dilengkapi dengan koleksi cetak, sehingga perpustakaan berfungis sebagai gerbang dan akses layanan informasi bagi masyarakat luas,’’ ucapnya.

Pembinaan dan pengembangan perpustakaan merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan secara berkelanjutan, sehinga upaya Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa bisa dicapai dan diwujudkan. Karena perpustakaan merupaka ujung tombak keberhasilan pembangunan manusia dibidang pendidikan. ‘’Kepada peserta saya harapkan dapat mengelola dan mengembangkan perpustakaan dengan baik, dan dapat meningkatkan minat membaca, mulai dari keluarga. Sedini mungkin terapkan budaya membaca, sebab dengan membaca teratur dan sistematis dapat membantu mempertajam intelektual, memperhalus budi pekerti serta meningkatkan rasa dan perspektif,’’ katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabtim, Rusdan Tanjung, S.Sos menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pelatihan pengelolaan perpustakaan itu berdasarkan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan. Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan ini, guna menambah wawasan bagi pengurus atau pengelola perpustakaan. Lalu untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan. Kemudian untuk meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan dan pengembangan perpustakaan. Selain itu juga untuk mencari solusi terhadap permasalahan dalam pengelolaan perpustakaan. ‘’Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari lamanya. dan diikuti sebanyak 50 orang, baik dari Pengurus Perpustakaan Desa, Kelurahan, SLTP, SD, Instansi, Kelompok maupun pengelola taman baca masyarakat,’’ jelasnya.

Dalam kegiatan itu, selain membuka pelatihan, pihaknya juga menyerahkan piala bagi peserta lomba perpustakaan Sekolah tingkat SLTP sederajat tahun 2018. Dimana SMP 12 Desa Kota Baru, Kecamatan Geragai meraih juara umum. Lalu disusul SMP 19 Tanjabtim meraih juara dua. Sedangkan juara tiga diraih oleh SMP 05 Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai. Sedangkan juara harapan I, diraih SMP 17 Tanjabtim. Untuk juara harapan II diraih SMP 04 Tanjabtim. ‘’Insya Allah tahun depan diupayakan lebih dari ini,’’ ujarnya.

Selain memberikan Reward terhadap pengelola perpustakaan sekolah terbaik, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada pengunjung yang terbaik, kategori pelajar, Mahasiswa dan umum tahun 2018. Langkah itu untuk menarik para pengunjung biar lebih tertarik lagi dalam mencari ilmu dan informasi. " pengunjung yang mengunjungi perpustakaan, selain mendapatkan ilmu pengetahuan, mereka juga mendapatkan hadiah dari kita Dinas Perpustakaan dan Kearsipan," tutupnya.


Penulis: Akhmad.SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: EnewsTime.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement