Harga Ikan Asin Naik



Jumat, 06 Juli 2018 | 11:44:44 WIB



Ikan Asin Usai dijemur
Ikan Asin Usai dijemur Maulana

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co- Usai Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, harga sejumlah jenis ikan asin di wilayah kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) kini mulai melambung. Kenaikan harga disebabkan oleh tingginya permintaan pasar.

Tingginya permintaan ikan asin pasca lebaran ini, berimbas pada kenaikan harga ikan asin atau ikan yang dikeringkan di daerah penghasil ikan asin di kawasan Kampung Laut Kecamatan Kuala Jambi.

Salah seorang pengusaha ikan asin di Kampung Laut, Edi mengatakan, pasca usai lebaran Idul Fitri, harga jenis ikan asin dan ikan yang dikeringkan mengalami peningkatan sekitar Rp. 2 ribu sampai Rp. 4 ribu/Kg.

Dia menyebutkan, ikan asin Baung laut yang sebelumnya Rp. 22 ribu/Kg kini naik menjadi Rp. 26 ribu/Kg. Kemudian ikan asin Tamban saat ini bertengger diharga Rp. 10 ribu/Kg, atau naik dua Rp. 2 ribu/Kg. Sementara, harga ikan asin Besak Mata saat ini Rp. 8 ribu/Kg dari sebelumnya yang hanya Rp. 6 ribu/Kg. ‘’Kemudian ikan asin Gulama Belah dari sebelumnya dijual Rp 18 ribu per kilogram kini menjadi Rp. 22 ribu/Kg. Dan ikan asin Gulama Bulat saat ini Rp. 11 ribu/Kg atau naik sebesar Rp. 3 ribu/Kg dari harga sebelumnya,’’ jelasnya. 

Diakui Edi, harga ikan asin dan ikan yang dikeringkan mengalami kenaikan akibat faktor cuaca dan permintaan pasar yang meningkat pasca lebaran. Menurutnya, kenaikan harga ikan asin maupun ikan yang dikeringkan pada pasca lebaran ini sangat lumrah. ‘’Trennya selalu begitu, lantaran musim hujan dan tingkat konsumsi masyarakat terhadap ikan asin tinggi usai lebaran,’’ terangnya.

Sejak harga ikan asin mulai melambung Edi juga mengaku mengalami kebanjiran pesanan dari konsumen, baik dari sejumlah wilayah yang ada di Jambi maupun Pekanbaru. ‘’Mereka (konsumen, red) rela membeli secara partai, karena tingginya permintaan pasar,’’ tukasnya.


Penulis: Maulana
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement