2 Tahun Kepemimpinan Romi-Robby, Ini Kata Ketua KNPI Sulpani



Kamis, 12 April 2018 | 21:40:18 WIB



Ketua DPD KNPI Kabupaten Tanjabtim, Sulpani
Ketua DPD KNPI Kabupaten Tanjabtim, Sulpani ISTIMEWA/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), Sulpani, SE berharap kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Pemkab Tanjabtim) agar terus meningkatkan pembangunan daerah demi terwujudnya Visi MERAKYAT (Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat) 2021. Di dua tahun masa kepemimpinan Bupati Romi Hariyanto dan Wabup Robby Nahliyansyah ini (12 April 2016 – 12 April 2018), diakuinya, cukup banyak capain-capaian program MERAKYAT tersebut. ‘’Kita sama-sama menyadari bahwa saat ini Kabupaten Tanjung Jabung Timur tengah menggalakkan program pembangunan yang pro rakyat,’’ ungkap Sulpani, Kamis (12/4).

Menurutnya, ditengah keterbatasan kemampuan daerah, kebijakan dan tahapan yang disusun oleh Bupati Romi Hariyanto dan Wakil Bupati Robby Nahliyansyah sudah mengarah kepada target yang ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Tanjabtim 2016-2021untuk kepentingan rakyat. ‘’Langkah itu tidak lain adalah wujud kecintaan Kepala daerah terhadap masyarakat di Bumi Sepucuk Nipah Serumpun Nibung,’’ ujarnya.

Berbagai program kerakyatan dan pemberdayaan telah digulirkan, sebut saja misalnyapenyediaan infrastruktur masih menjadi prioritas utama. Karena itu, disamping membangun jalan, jembatan, air bersih, listrik, sarana pendidikan dan kesehatan.

Pembangunan jalan sendiri sebenarnya sudah memenuhi target RPJMD pada tahun 2017, dimana jalan yang tersedia sudah mencapai 78,76 persen. Begitu pula jembatan, tahun 2017 sudah jauh lebih baik dari tahun 2015. Ada peningkatan jembatan kondisi baik dari 113 saat ini sudah 146 unit. Sedangkan air bersih saat ini tercatat sudah mampu melebihi target RPJMD yag dipatok 55 persen. Sektor paling signifikan adalah pemenuhan kebutuhan listrik warga yang ratio elektrikasi rumah tangganya meningkat pesat dari hanya 11,78 persen tahun 2015 menjadi 94,55 persen di tahun 2017. Angka ini jauh melampaui target RPJMD diangka 84 persen. Alokasi ekscavator bagi kecamatan. Tahun 2017, tercatat berhasil membangun tanggul baru sepanjang 55,92 KM, parit 56,30 KM, jalan 68,39 KM dan pekerjaan lingkungan seluas 2,18 Hektar.

Romi–Robby tak ragu mengalokasikan Rp. 4,1 miliar bagi menjamin warganya terlayani kesehatannya melalui jaminan kesehatan daerah (Jamkesda). Ketersediaan Dokter Spesialis di RSUD Nurdin Hamzah terus ditambah. Tahun ini sudah ada 18 Dokter Spesialis yang diberikan rangsangan pendapatan hingga lima belas juta rupiah perbulan. Pun fasilitas layanan kesehatan terus ditingkatkan. Delapan dari 11 Puskesmas yang tersebar di tiap Kecamatan  saat ini sudah menjadi Puskesmas rawat inap. Dengan keseriusan ini, angka harapan hidup sudah mencapai 65,4 pertahun, angka kematian bayi tinggal 20,24 per 1000 kelahiran dan angka kematian ibu hanya tinggal 6 orang. Begitu pula dampaknya bagi cakupan persalinan oleh tenaga medis yang berhasil mencapai 92 persen. Tahun ini angka kemiskinan hanya tinggal 12.58 persen dan gini ratio kita lebih baik dari gini ratio Provinsi Jambi. ‘’Kemudian kebijakan keharusan PNS membeli beras petani lokal, atau himbauan yang dia kirim dalam surat edaran agar PNS memakmurkan Masjid dan rutin Sholat Dhuha berjamaah saban Jumat, itu sangat bagus,’’ kata Sulpani.

Pun terhadap pembangunan sirkuit bertaraf nasional di bilangan Paritculum I, Sulpani juga mengapresiasi positif kebijakan tersebut. ‘’Ya, sirkuit ini nantinya diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisata khususnya bagi penggemar otomotif,’’ sebut Sulpani.

Sirkuit ini akan terintegrasi dengan agrowisata kebun buah KTM, wisata bahari Kampunglaut dan wisata religi yang tersebar di berbagai perkampungan Tanjabtim. ‘’Sejumlah program itu kita apresiasi positif. Mari kita bersama-sama “merangsek” lebih jauh untuk turut berkontribusi dan membantu Pemerintah melakukan pengawasan agar seluruh program dan cita-cita mulia itu berjalan optimal dan menjadi sebuah kenyataan,’’ tukasnya.


Penulis: MAULANA
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement