Asisten III Hadiri Musrenbang Tingkat Kecamatan Berbak



Selasa, 13 Februari 2018 | 20:26:39 WIB



Camat Berbak, Suiswanto saat menyampaikan kata sambutan
Camat Berbak, Suiswanto saat menyampaikan kata sambutan BUYAMIN/NT

Advertisement


Advertisement

BERBAK, eNewsTimE.co – Pemerintah Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), pada Selasa (13/2) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Berbak untuk penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun anggaran 2019.

Musrenbang yang dilaksanakan di aula Kantor Camat Berbak ini merupakan langka dalam membantu mendorong percepatan pembangunan, mulai dari tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan dan sampai ke tingkat Kabupaten, Provinsi dan tingkat Nasional.

Camat Berbak, Suiswanto, S.STP mengungkapkan, bahwasanya Kecamatan Berbak telah melaksanakan kegiatan Musrenbang tingkat Desa diawali pada 15 Januari lalu yang dilaksanakan di Desa Rantau Makmur dan Desa Telago Limo yang dihadiri juga oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan diteruskan Musrenbang di Desa lainnya. ‘’Dan sudah kami himpun semua usulan pembangunan yang skala proritas yang memang sangat diharapkan oleh masyarakat Kecamatan,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut Camat mengatakan, dari usulan yang telah dihimpun kurang lebih 300 usulan dari Desa dan Kelurahan, dihimpun kembali menjadi 10 proritas masing-masing Desa di Kecamatan Berbak. Proritas terdiri dari pembangunan jalan, rehab pintu air, jembatan, tanggul, rehab rumah dinas sekolah, rehab sekolah dan penambahan Ruang Kelas Baru (RKB), penambahan tenaga guru, normalisasi primer, sarana air bersih dan mobil Ambulan. ‘’Mudah-mudahan apa menjadi harapan kita melalui kegiatan Musrenbangini dapat terealisasi,’’ harapnya.

Sementara itu, Bupati Tanjabtim, H. Romi Hariyanto melalui Asisten III Setda Tanjabtim, H. Umar Mahmud mengatatakan, bahwa kebijakan Pemerintah Republik Indonesia, untuk Desa-Desa dialokasikan Alokasi Dana Desa (ADD) yang terdiri dari Tiga 3 sumber, yaitu dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten. ‘’Jadi, pelaksanaan perencanaan harus matang untuk Tiga ini, dan apabila tidak tercover dengan dan ADD Tiga sumber tadi baru dituangkan dalam rencana pembangunan yang kita bahas hari ini (kemarin, red),’’ jelas Umar Mahmud.

Dia mengaharapkan, agar dengan kebersamaan antara Kepala Desa, tokoh masyarakat, Camat kemudian dengan Pemerintah Kabupaten Tanjabtim dalam menyusun suatu kebijakan, mudah-mudahan masyarakat di Bumi Sepucuk Nipah Serumpung Nibung ini bertambah tahun bertambah sejatera. ‘’Dan akhirnya nanti Kabupaten Tanjung Jabung Timur menjadi negeri Baldatun Thayyibatun wa Rabbun Ghofur, karena kebersamaan masyarakat dengan Pemerintah,’’ kata Umar Mahmud.

Turut hadir pada kegiatan Musrenbang Kecamatan Berbak ini Kepala Bappeda, Dinas Pendidikan Nasional, Dinas Ketahanan Pangan, Disbudparpora, Disnaker, Dinas PU, BPBD, Dinas Dukcapil, Anggota DPRD Dapil II, Disperindag, Kesbangpol serta seluruh Kepala Desa dan Lurah se Kecamatan Berbak, Kapolsek, Koramil dan seluruh BPD Kecamatan Berbak.


Penulis: BUYAMIN
Editor: MAULANA
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement