KPUD Batanghari Temukan Ratusan Data Ganda di Berkas Parpol



Jumat, 10 November 2017 | 11:40:53 WIB




Advertisement


Advertisement

MUARABULIAN,enewsTimE.co - KPUD Kabupaten Batanghari, menemukan ratusan data ganda disejumlah berkas Partai Politik (Parpol). Data ganda itu ditemukan dari 14 Parpol yang menyerahkan dokumen adminitrasi di KPUD Kabupaten Batanghari beberapa waktu lalu. 
 
Informasi yang berhasil dihimpun di KPUD Kabupaten  Batanghari, temuan data ganda itu di 14 Parpol sebanyak 683. Temuan sendiri terjadi di 10 partai lama dan 4 partai baru, seperti partai Berkarya, Perindo, Garuda dan PSI. "Temuan data ganda Parpol ini ditemukan terbanyak di Kecamatan Pemayung dengan 173 data ganda," kata Ketua KPU Batanghari, Mohd Zamani, melalui Ketua Divisi Hukum, A Kadir S Ip, ketika dijumpai diruang kerjanya belum lama ini. 
 
Diterangkan A Kadir, data ganda yang ditemukan tersebut, seperti ada nama yang sama dengan dibeberapa Parpol yang terdaftar di KPU Kabupaten Batanghari. Selain itu, pihaknya juga menemukan dalam Parpol data Polri, PNS serta anak dibawah umur. "Data ganda ini terdata di beberapa partai misalnya partai Nasdem dan Hanura. Dan kita juga menemukan ada yang PNS, serta Anggota, tapi mereka ini pensiunan," sebutnya.
 
Kadir mengakui, KPUD sendiri sifatnya wajib melakukan klarifikasi secara langsung terhadap seluruh temuan data keanggotaan yang diduga merupakan data ganda tersebut, tentunya dengan mendatangi anggota yang bersangkutan. "Jika warga yang bersangkutan hanya mengakui salah satu keanggotaan saja, maka data keanggotaannya di partai lain dinilai tidak memenuhi syarat. Untuk memastikan, petugas harus meminta bukti dokumen asli, baik kartu tanda penduduk, kartu tanda anggota dan dokumen pendukung lain," katanya.
 

Tahapan selanjutnya, KPUD Kabupaten Batanghari, akan kembali meneliti hasil perbaikan data keanggotaan tersebut pada tanggal 2 hingga 11 Desember 2017 mendatang. "Dari hasil penelitian ini, akan diketahui partai politik yang lolos penelitian administrasi dan bisa mengikuti tahap verifikassi faktual," pungkasnya


Penulis: Ardani
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARABULIAN

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement