Wagub Fachrori Harap SLI Tingkatkan Produktivitas Pertanian



Kamis, 08 Juni 2017 | 22:06:56 WIB



Wagub Jambi Fachrori Umar saat tanam perdana
Wagub Jambi Fachrori Umar saat tanam perdana KAHARUDIN/NT

Advertisement


Advertisement

SEKERNAN, eNewsTimE.co - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H. Fachrori Umar mengharapkan agar Sekolah Lapang Iklim (SLI) dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para petani pada khususnya dan dapat berkontribusi dalam upaya pembangunan pertanian di Provinsi Jambi pada umumnya, supaya kajian SLI bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

Harapan tersebut disampaikan oleh Wagub dalam Pembukaan Sekolah Lapang Iklim Tahap 3 Tahun 2017, bertempat di Desa Pematang Pulai Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi, Kamis (08/06/2017). ‘’Saya sangat mengapresiasi Stasiun Klimatologi Muarojambi yang telah melaksanakan kegiatan SLI ini,’’ ujar Wagub.

Wagub menyampaikan, penyelenggaraan SLI ini memang sangat dibutuhkan oleh para petani yang dalam aktivitasnya sangat bergantung kepada kondisi iklim. SLI ini juga menjadi salah satu bentuk kontribusi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terhadap upaya percepatan pembangunan pertanian di Provinsi Jambi. ‘’Saya harap para petani dapat makin memahami informasi iklim BMKG, sehingga kerugian yang terjadi akibat iklim ekstrim yang dipicu oleh perubahan iklim dapat diminimalisir, karena sector pertanian merupakan salah satu sektor penggerak utama perekonomian di Provinsi Jambi dan sebagian besar masyarakat masih menjadikan sektor pertanian sebagai sumber mata pencaharian utama,’’ tutur Wagub.

Wagub menerangkan, besarnya peran pada sektor pertanian, berdasarkan pada karakteristik wilayah Provinsi Jambi yang sebagian besar sangat baik untuk pertanian, baik lahan basah maupun lahan kering. Pemerintah Provinsi Jambi berkomitmen untuk mendorong dan mengoptimalkan potensi sektor pertanian sebagai salah satu prioritas pembangunan di Provinsi Jambi, untuk mewujudkan kedaulatan pangan. ‘’Perubahan iklim berdampak pada curah hujan yang menyebabkan banjir serta berdampak pada fluktuasi suhu dan kelembapan udara semakin meningkat yang mampu menstimulasi pertumbuhan, perkembangan organisme pengganggu tanaman. SLI merupakan langkah strategis dalam persiapan menghadapi perubahan iklim yang menjadi salah satu ancaman ketahanan dan kedaulatan pangan di Provinsi Jambi,’’ terang Wagub.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, melalui SLI, para petani dapat memahami dan memanfaatkan informasi iklim secara efektif serta menjadi wahana untuk menyesuaikan produk informasi iklim dengan kebutuhan petani dan aktivitas pertanian khususnya di Provinsi Jambi.

Selanjutnya, Wagub menyerahkan bantuan benih dan peralatan pertanian kepada Wakil Bupati Muarojambi, Bambang Bayu Suseno berupa benih untuk kegiatan budidaya jagung untuk lahan seluas 5.000 Ha, benih untuk kegiatan budidaya padi seluas 20 Ha, 3 unit Combine Harvester, 12 unit hand traktor, biji Kedelai untuk 100 Ha, 10  unit pompa air, 4 unit UPPO (Unit Pengolah Pupuk Organik) dan 3 Cultivator.


Penulis: KAHARUDIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement