Kerinci Tak Lagi Laksanakan Program Bantuan Sapi



Rabu, 24 Mei 2017 | 10:56:34 WIB




Advertisement


Advertisement

KERINCI,eNewsTimE.co- Pemkab melalui Dinas Perkebunan dan Perikanan Kabupaten Kerinci, tidak lagi melaksanakan pemberian bantuan ternak, terutama sapi kepada masyarakat yang terbentuk dalam kelompok tani. Bahkan pada ABPD Kerinci tahun 2017 ini, program bantuan ternak tersebut tidak dialokasikan lagi anggarannya oleh pemkab Kerinci. ‘’Kita tidak ada lagi menganggarkan dana untuk bantuan ternak, terutama sapi,’’ tutur Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kerinci, Efrawadi.

 

Diterangkannya, hal itu dikarenakan pengalaman sebelumnya. Dimana, bantuan ternak terutama sapi yang salah dimanfaatkan masyarakat ataupun oknum masyarakat dalam Kabupaten Kerinci. Sebelumnya Pemkab Kerinci telah mengalokasikan bantuan 30 ekor sapi untuk setiap kelompok, dengan anggaran Rp 600 juta.

 

Namun, lanjut dia, sangat disayangkan dalam pelaksanaan terjadi permasalahan. Dimana adanya kelompok tani selaku penerima bantuan salah memanfaatkan bantuan tersebut, dengan dilatar belakangi untuk meraup keuntungan sendiri dan kelompoknya. ‘’Ada politik didalamnya, kelompok taninya ada untuk menerima bantuan saja, sudah itu tidak bergerak lagi. Malahan bantuannya di jual, makanya kita tidak ingin itu terulang lagi,’’ ujarnya.

 

Terkait kondisi tersebut, kata dia, pihaknya lebih mengarah pada memanfaatkan anggaran yang ada untuk memelihara ternak sapi yang ada di kerinci. Termasuk ternak sapi yang merupakan bantuan dari pemerintah Kabupaten kerinci.

 

Salah satunya dengan menganggarkan untuk pengobatan, karena untuk fasilitas pengobatan kita yang masih sangat kurang. Dinas Perkebunan dan peternakan akan mengalokasikan 3 ribu obat bagi setiap kelompom tani ternak di kabupaten kerinci. Sekaligus dimanfaatkan untuk semen beku dalam usaha untuk melengkapi fasilitas kandang ternak masyarakat. ‘’Pilot proyek, Danau Kerinci dan Air Hangat Timur, beli semen beku. Selain itu ada aplikasi untuk memantau ternak secara online,’’ tukasnya


Penulis: Averman
Editor: Lana
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# KERINCI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement