TKD Belum Dibayar, Ribuan Guru Ancam Demo



Selasa, 18 April 2017 | 15:32:33 WIB




Advertisement


Advertisement

KUALATUNGKAL,eNewsTimE.co-Ribuan guru di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) ancam akan gelar aksi demo ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pasalnya, Tunjangan Kerja Daerah (TKD) Tahun 2017 hingga bulan April tidak kunjung dibayar.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar dinilai kurang memperhatikan hak para guru dan pegawai. Hal itu dikatakan para guru di 6 kecamatan diwilayah Ulu. Menurut mereka molornya dana TKD untuk Tahun 2017 sudah diluar kewajaran. Karena dari bulan Januari hingga masuk bulan April para guru belum menerima TKD yang telah dialokasikan Pemerintah Daerah.

"Ini sudah diluar batas pak, masa TKD yang telah menjadi hak kami tidak kunjung dapat dicairkan. Padahal semua persyaratan dan kelengkapan untuk itu sudah lama disampaikan ke dinas terkait," kata guru yang enggan namanya di publikasikan.

Lebih lanjut dia menegaskan, para guru akan menggelar aksi damai ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar untuk mempertannyakan soal molornya dana TKD ini. "Karena tidak adanya kepastian serta informasi kapan TKD cair, maka kami akan menggelar aksi damai dalam waktu dekat ini," tegasnya.

Suara senada juga dilontarkan para guru di wilayah Kecamatan Senyerang. "Kami para guru di Kecamatan Senyerang tinggal menunggu saja, jika para guru di kecamatan lainnya mengadakan aksi tentu kami juga akan turut memperjuangkan hak kami," sebutnya.

Terpisah, Kasubag Keuangan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar, Yudi Andalas Sari, saat dikonfirmasi membantah jika molornya dana TKD Tahun 2017 disebabkan kelalaian pihak dinas. "Keterlambatan ini karena kita memvalidkan semua data para guru dan pegawai yang akan menerima TKD Tahun ini, karena jumlah guru dan pegawai mencapai 2 ribu orang lebih, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar," katanya.
 
Dipaparkannya, jika masalahnya keterlambatan, tentu pihaknya juga perlu teliti dan hati-hati, supaya tidak ada masalah di kemudian hari. "Kami kan perlu hati-hati, karena tidak mau kecolongan lagi seperti Tahun sebelumnya, itu aja ya steadmen dari saya," ujar Kasubag Keuangan.

Saat ditanya, apakah ada batas waktu yang dapat di 

informasikan ke para guru sehingga tidak membuat resah ?. "Kita belum bisa jawab kapan cairnya, karena saat ini masih dalam tahap verifikasi data para guru, dan ini sudah kita limpahkan ke keuangan daerah," terangnya singkat.

Dari data yang dihimpun dilapangan untuk alokasi anggaran TKD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjabbar dengan jumlah kurang lebih 2 ribu orang, yaitu mencapai Rp 1,4 milyar lebih per bulannya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjabbar, Martunis M Yusuf, belum dapat dikonfirmasi terkait soal molornya TKD di instansi yang dipimpinnya. Demikian juga saat dihubungi melalui nomor ponsel yang biasa digunakan terdengar nada tidak aktif


Penulis: Arafik
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:


Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement