Lomba Menggambar, Mewarnai dan Menari Segera Digelar

Kerjasama TP PKK Tanjabtim , Timur Ekspres dan eNewsTimE.co


Senin, 06 Februari 2017 | 22:08:30 WIB



Wirdayanti
Wirdayanti DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Satu lagi even akbar akan digelar di Muarasabak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim). Lomba kreasi anak negeri bertajuk  program pemberdayaan anak usia dunia langsung diprakarsai oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tanjabtim, Ny. Hj. Wirdayanti Romi, A.Md. Direncanakan lomba akan digelar pada tanggal 25 Maret 2017 dengan tiga kategori lomba, yaitu Lomba Menggambar, Lomba Mewarnai dan Lomba Menari.

Kepastian pelaksanaan lomba anak usia dini untuk anak PAUD dan TK se Kabupaten Tanjabtim disampaikan oleh Hj. Wirdayanti saat menandatangani proposal kerja sama dengan Event Organizer (EO) Timur Ekspres bersama eNewsTimE.co di Rumah Dinas Bupati Tanjabtim, Senin (6/2), kemarin.

Pada kesempatan itu, Wirdayanti mengatakan, bahwa program pemberdayaan anak usia dini tidak saja menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi semua pihak harus berperan aktif. Anak usia dini adalah aset negara dan harus diberdayakan sesuai kemampuan dan keterampilannya masing-masing. ‘’Ini peran kita semua, jadi program lomba ini harus kita dukung bersama,’’ jelas Istri Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto yang selalu tampil ramah ini.

Wirdayanti kemarin juga memberikan pandangannya terkait kegiatan ini. Menurutnya, lomba ini tidak saja sebagai ajang kompetisi untuk merebut juara, tetapi dibalik itu untuk mendidik anak-anak supaya bisa berprestasi di event-event apa saja. ‘’Kita coba melatih mental mereka, menggali potensi dan kreativitas anak-anak,’’ ujar Wirdayanti kepada crew EO-Timur Ekspres dan eNewsTimE.co.

Wirdayanti berpesan, agar pelaksanaan lomba dilakukan dengan cara-cara profesional, dan jangan ada intervensi atau tekanan dalam penentuan pemenang. ‘’Silahkan menilai prestasi anak dalam lomba sesuai dengan bobot kemampuannya, dan para pemenang nanti itulah peserta yang terbaik diantara yang terbaik,’’ tegasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Tanjabtim, Feri Marjoni menyatakan siap membantu kesuksesan program lomba ini, dan berjanji akan berkonsultasi bersama stafnya di Kabid PAUD dan TK.

Menurut Feri, kalau progres pelaksanaan even ini memiliki dampak positif terhadap anak, kenapa tidak, dan akan kembali diadakan tahun depan. ‘’Kita supportlah. Ini kan wadah atau ajang menggali potensi anak, jika dilaksanakan secara profesional jelas membangkitkan semangat bagi anak-anak dan orangtuanya,’’ tutur Feri.

Sementara itu, Ketua EO-Timur Ekspres yang dipercaya sebagai mitra pelaksana sekaligus pihak bertanggungjawab atas kesuksesan acara lomba mengatakan, bahwa timnya sudah melakukan persiapan selama sebulan ini. Sebab dia mentargetkan 300 peserta untuk tiga kategori lomba (lomba mewarnai, lomba menggambar, dan lomba menari). Untuk mensukseskan program acara ini, EO-Timur Ekspres akan menggandeng beberapa sponsor, seperti JPM Trona, PetroChina International Jabung Ltd, Bank Jambi, Disbudparpora, dan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Tanjabtim. ‘’Acara akan dilaksanakan di taman Muarasabak. Semula, direncanakan di dalam gedung PKK, tetapi dengan pertimbangan konsep dan moto Pak Bupati, yaitu Merakyat, kita akhirnya lomba kita laksanakan di ruang terbuka hijau. View taman dengan nuansa alam yang masih asri dan ada sungai, sangat refresentatif sekali untuk acara anak-anak. Taman yang berada pas disisi jalan protokol, masyarakat umum juga bisa menyaksikan lomba,’’ ungkap Beni.

Terkait Lomba Menari, Beni menjelaskan akan menggusung full budaya melayu Tanjabtim. Jadi peserta tari akan menampilkan bagaimana keindahan lenggak-lenggok khas tari melayu Tanjabtim. Kreasi gerakan akan diserahkan penuh kepada peserta, tetapi untuk musik atau lagu pengiring tari sudah ditentukan panitia. ‘’Soal lomba tari, kami akan melakukan koordinasi dengan Disbudparpora Tanjabtim,’’ tutur Beni. 

Terkait pendaftaran, Ketua Pelaksana Program, Ahmad Yulian Firdaus atau biasa disapa Amat menyampaikan, bahwa pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 6 Februari 2017 dan akan berakhir pada tanggal 25 Maret 2015 mendatang. ‘’Sudah ada beberapa orang yang melakukan konfirmasi  via telepon, terkait kesediannya untuk mendaftar. Tapi secara resmi kami baru buka Senin, tanggal 6 Februari 2017, kemarin. Kuitansi pendaftaran sudak kami siapkan,’’ tutur Amat.

Untuk mengakomodir pendaftar PAUD dan TK di Kecamatan, bisa langsung berkoordinasi dengan Wartawan Timur Ekspres di Kecamatan. Untuk biaya pendafatran, kategori lomba mewarnai dan menggambar Rp. 35 ribu perorang/peserta, sedangkan Lomba Menari Rp. 150 ribu pertim/kelompok tari. Pendaftaran juga bisa dilakukan di Kantor Harian Timur Ekspres di Jalan Imam Bonjol RT 01 Kelurahan Talang Babat, Kecamatan Muarasabak Barat. 

Terkait hadiah pemenang, juara satu sampai tiga masing-masing kategori lomba akan mendapat sertifikat, piagam penghargaan dan tropi, serta uang pembinaan dari Ketua TP PKK Kabupaten Tanjabtim Hj. Wirdayanti. Sedangkan untuk semua peserta yang sudah terdaftar, akan mendapat bingkisan dari JPM Trona berupa perlengkapan sekolah.


Penulis: NURDIN MANESSA
Editor: BENI MURDANI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement