Wabup Hadiri Rakor Kenduri



Selasa, 15 Maret 2022 | 14:09:44 WIB



Foto bersama
Foto bersama ISTIMEWA

Advertisement


Advertisement

Jambi,eNewsTimE.id - Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjab Timur) H. Robby Nahliyansyah, SH hadiri Rapat Koordinasi Kenduri Swarnabhumi yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (14/03/22).

Kegiatan kenduri Swarabhumi merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, yang merupakan kegiatan Susur Budaya Melayu Jambi bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Provinsi Jambi memiliki kebudayaan Melayu Jambi yang beraneka ragam yaitu meliputi upacara kepercayaan tradisional, sistem kemasyarakatan/kepemimpinan, sistem gotong royong, adat perkawinan, tradisi lisan, bahasa, pakaian, corak arsitektur bangunan, peralatan dan pertukangan, permainan, seni, ragam makanan dan minuman, hukum adat, pengobatan dan berbagai kreasi lainnya.

Sembilan Pemerintah Daerah DAS (Daerah Aliran Sungai) Batanghari yang hadir pada rapat koordinasi ini yaitu Kabupaten Tanjab Timur, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Tebo, Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, dan Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat menyatakan komitmen yang ditandai dengan penandatangan secara simbolis.

Harapan dari kegiatan kenduri Swarnabhumi ini agar menjadi wadah informasi baru sekaligus penelusuran bukti-bukti sejarah budaya Melayu Jambi, melalui konsep traveling budaya dari kacamata anak.


Penulis: Akhmad, SF
Editor: Lia
Sumber: eNewsTimE.id

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement