Kasus Covid-19 di Kota Jambi Turun Drastis



Selasa, 19 Oktober 2021 | 00:26:34 WIB



Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat meninjau penerapan Prokes dilingkungan masyarakat Kota Jambi
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat meninjau penerapan Prokes dilingkungan masyarakat Kota Jambi BENI MURDANI/NT

Advertisement


Advertisement

JAMBI, eNewsTimE.co – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota Jambi, Provinsi Jambi saat ini turun drastis. Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Jambi pun turun dari Level 4 ke Level 2. Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2021 tertanggal 4 Oktober 2021.

Menurut Wali Kota Jambi, Syarif Fasha hal ini tidak terlepas dari disiplin seluruh elemen masyarakat Kota tersebut melaksanakan Protokol Kesehatan (Prokes) Pencegahan Covid-19. ‘’Kedisiplinan warga masyarakat memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, mengurangi aktivitas ekonomi dan sosial demi mencegah kerumunan menjadi kunci utama menurunnya kasus Covid-19 di Kota Jambi,’’ ungkap Fasha Senin (18/10/2021).

Fasha mengapresiasi tingginya disiplin warga masyarakat menarapkan Prokes dan mengikuti Vaksinasi sejak Kota Jambi menerapkan PPKM Level 4 sejak Juli lalu. Warga masyarakat yang berperan besar dan menentukan keberhasilan penanganan Covid-19 di Kota Jambi. ‘’Warga masyarakat maupun pelaku usaha sudah sangat sadar mematuhi prokes dalam kehidupan sehari-hari,’’ sebutnya.

Wali Kota mengatakan, bahawa warga masyarakat Kota Jambi juga memiliki kesadaran yang tinggi mengikuti Vaksinasi Covid-19. Hingga 5 Oktober lalu, capaian Vaksinasi untuk dosis pertama di Kota Jambi telah mencapai 87 persen dan dosis kedua dan 59 persen.  Kota Jambi ditargetkan bisa mencapai target Vaksinasi 100 persen akhir tahun 2021 ini. ‘’Selain itu, warga masyarakat juga sudah sadar dan sukarela dirawat di Rumah Isolasi Pemerintah jika terpapar Covid-19. Untuk itu kami menyampaikan apresiasi, terimakasih atas ikhtiar dan pengorbanan kita yang kini berbuah manis,’’ sebutnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jambi, Erwan mengatakan, kasus harian Covid-19 di Kota Jambi Minggu (17/10/2021) hanya Lima kasus dan sembuh Empat kasus. Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat Minggu (17/10/2021) tersisa sebanyak 23 orang. Sedangkan total kasus Covid–19 di Kota Jambi sejak Maret–Minggu (17/10/2021) mencapai 9.709 kasus. Pasien Covid-19 yang sembuh sebanyak 9.432 orang dan meninggal 254 orang. Medio Juli–September lalu, kasus harian Covid-19 di Kota Jambi rata-rata diatas 500 orang.

Kendati kasus Covid-19 di Kota Jambi sudah turun drastis, kasus harian Covid-19 rendah dan Vaksinasi sudah tinggi, lanjut Erwan, seluruh elemen masyarakat Kota Jambi diharapkan tetap menerapkan Prokes secara disiplin. ‘’Kita harus tetap waspada. Jangan sampai pengalaman di negara lain terjadi pada kita. Segera lakukan Vaksinasi Covid-19 jika belum pernah divaksin dan segera lakukan Vaksinasi dosis kedua bagi yang sudah lakukan dosis pertama,’’ tandasnya.


Penulis: BENI MURDANI
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# JAMBI

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement