Perpustakaan Tanjabtim Meraih Kategori Terbaik Dokumentasi Online



Senin, 06 September 2021 | 22:56:42 WIB



Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Tanjabtim serta Perpustakaan Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai.
Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Tanjabtim serta Perpustakaan Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai.

Advertisement


Advertisement

Muara Sabak,eNewsTimE.co - Dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, Perpustakaan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) meraih kategori terbaik dokumentasi online perpustakaan tingkat Provinsi Jambi, dalam kegiatan Peer Learning meeting 2021 yang digelar Perpustakaan Nasional. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanjabtim Drs. Arman menyampaikan alhamdulilah, dari beberapa Perpustakaan Desa dibawah binaan kita berhasil meraih kategori terbaik dalam kegiatan Dokumentasi Online di tingkat Provinsi Jambi pada Agustus 2021 lalu. Adapun Perpustakaan Desa yang berhasil, diantaranya Desa Pandan Lagan dan Desa Lagan Tengah.  " Perpustakaan Desa Pandan Lagan meraih juara I sedangkan Perpustakaan Desa Lagan Tengah meraih juara II nya ," Paparnya.

Dalam program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ini, lanjut Arman Perpustakaan Daerah terus berupaya dan berinovasi semaksimal mungkin menerapkannya kepada Masyarakat. Karena dengan pengembangan Wajah Perpustakaan ini, kita perlu ekstra di Masyarakat.  " Sekarang Perpustakaan ini tidak hanya gencar bersosialisasi gemar membaca. Namun dengan Masyarakat membaca buku langsung diterapkan dalam kehidupan mereka sehari hari. misal, Masyarakat hendak membudidayakan tanamam dengan sistem Hidroponik, Kita anjurkan membaca Buku dan kita dampingi langsung dalam penerapannya ," tuturnya. 

Contoh, Perpustakaan Desa yang menerapkan Program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, kegiatan dengan langsung melibatkan Masyarakat, yaitu Desa Rantau Karya, seperti pelatihan stek bunga dan pembuatan serbuk jahe. 

Selain itu, Perpustakaan Desa Pandan Makmur, pelatihan penanaman dengan sistem hidroponik.  " Dengan kegiatan berbasis inklusi sosial tersebut, dapat meningkatkan pengetahuan dan peningkatan taraf ekonomi Masyarakat ," Ucapnya.

Dengan adanya pelatihan - pelatihan itu, Masyarakat kini dapat mengembangkan pemasaran produk secara online, pengemasan produk lebih  menarik dan promosi produk melalui media sosial." Kedepan Kita akan menggandeng stakeholder lainnya seperti Diskop dan UMKM serta Perindag ," Ujarnya. 

Disisi lain, sambungnya, Perpustakaan Daerah Tanjabtim kini membuka peluang bagi seluruh Masyarakat yang hendak mengelar kegiatan, baik kegiatan rapat, pertemuan maupun kegiatan lainnya. Karena kegiatan itu dapat dilaksanakan di Gedung Perpustakaan yang kita miliki. 

Intinya, Perpustakaan Daerah siap memfasilitasi tempat untuk kegiatan Masyarakat.  " Untuk Masyarakat Desa dapat menggunakan fasilitas ruangan Perpustakaan yang terdapat di Desa masing - masing, dan andai Masyarakat hendak mengembangkan kreasi - kreasi, seperti make up atau kegiatan lainnya, kita siap memfasilitasi mencari nara sumber. Sebab, Perpustakaan kini mengubah wajah. Namun tetap menerapkan gemar membaca. Soalnya, dengan membaca mereka mendapatkan pengetahuan, dan dengan itu mereka dapat meningkatkan taraf hidup ," Bebernya. 

Untuk diketahui, hasil pelatihan yang sudah dikembangkan Masyarakat, seperti pembuatan talikur. Yang kini Masyarakat sudah dapat meningkatkan penghasilan keluarga.


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sari
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement