Pelestarian Bahasa Suku Duanu di Kecamatan Kuala Jambi, Tanjab Timur



Sabtu, 13 Maret 2021 | 14:20:58 WIB



Baharuddin/NT
Baharuddin/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE. co - Program pelestarian Bahasa Suku Duanu yang ada di Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) sangat didukung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

Seperti Yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Junaidi Rahmat, pihaknya akan menyusun muatan lokal yang mana nantinya akan di ajarkan ke Sekolah - Sekolah dengan harapan Bahasa Suku Duanu yang ada di Tanjab Timur tidak punah. 

"Tapi semua ini kuncinya tergantung dari keluarga atau orang tua murid sendiri" katanya pada Awak Media saat dikonfirmasi, sabtu (13/3/2021). 

"Kalau mereka sendiri tidak melestarikannya, maka bahasa itu sendiri akan punah," tambahnya. 

Pelestarian adat kebudayaan Suku Duanu dianggap penting terutama Bahasa yang digunakan Suku ini, maka pemerintah menanggapi penting untuk di dokumentasikan dan di lestarikan. 

" Ini adalah aset budaya kita maka melestarikan dan menjaganya adalah tugas kita pula," imbuhnya. 

Kantor Bahasa Provinsi, Lukman mengatakan, proses panjang dari kajian pemetaan bahasa dan kapabilitas bahasa itu dilanjutkan dengan Feservasi dan kapitalisasi bahasa di lakukan dengan argumentasi bahasa, dengan harapan dapat mempertahankan bahasa ini agar tetap dengan komunitasnya baik itu generasi Tua maupun generasi muda dan pelajar. 

"Itu tentu tidak bisa dikontrol oleh kantor bahasa provinsi jambi, karena ranah penguatan bahasa daerah itu sesuai dengan permendagri yang ada di kabupaten" Ucapnya. 

Lukman juga mengatakan tahun ini diadakan penelitian bahasa yang nantinya akan dijadikan sebuah buku. 

"Kebetulan untuk di tahun ini ada peneliti terkait bahasa ini yang nantinya akan dibuat Buku seperti sistem pengolahan persatuan, " Jelasnya. 


Penulis: Baharuddin
Editor: Baharuddin


Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement