Puskesmas Kampung Laut Gelar Sosialisasi GEMA CERMAT

Bagi Kader PKK Se-kecamatan Kuala Jambi


Rabu, 16 September 2020 | 20:45:36 WIB



Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut saat menggelar sosialisasi GEMA CERMAT
Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut saat menggelar sosialisasi GEMA CERMAT BAHARUDDIN/NT

Advertisement


Advertisement

KUALAJAMBI, eNews TimE.co - Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) menggelar Sosialisasi dalam Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) bagi kader PKK se Kecamatan Kuala Jambi, Rabu (16/9/2020) di Aula B Cafe Kecamatan Kuala Jambi.

Kegiatan dihadiri oleh Kabid Dinkes Provinsi Jambi, Abdul Somad, S.Pd.M.Kes, PD IAI Provinsi Jambi, Apt, Rahmat Mulia Hasibuan, S.Si, PD IAI Provinsi Jambi Apt. Septa Pratama, S.Farm. M.PH. Env. Ri, Kepala Puskesmas Rawat Inap Kampung Laut, Apt. Darma Satria S.Farm, ME beserta Staf dan seluruh Ketua PKK dan Kader Sekecamatan Kuala Jambi.

Kepala Puskesmas Kampung Laut, Darma Satria dalam laporanya mengatakan, arah kebijakan RPJMN 2020-2024 menyebutkan bahwa peningkatan akses dan Kwalitas pelayanan kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta dilakukan dengan penekanan pada penguatan pelayanan kesehatan dasar dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif. ‘’Upaya promosi penggunaan obat rasional dilakukan dengan pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi dan informasi dan edukasi,’’ ucapnya.

Selanjutnya, kata Darma, salah satu penyebab masalah kesehatan yaitu penggunaan obat secara tidak rasional. ‘’Sehingga dapat mengakibatkan terapi menjadikurang efektif dan tidak efesien,’’ ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanjabtim, Hj. Wirdayanti dalam sambutanya yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua TP PKK Kecamatan Kuala Jambi, Novriyanti, M.P mengatakan, kegiatan ini dilasanakan agar masyarakat bisa memahami penggunaan obat dengan benar. ‘’Penggunaan obat yang rasional merupakan tujuan utama hasil dari kegiatan ini. Pengetahuan masyarakat sendiri masih kurang pada umumnya, sehingga resiko penggunaan obat tak benar sangat rentan,’’ katanya.

Untuk itu, dalam kegiatan sosialisasi ini, akan sangat bermnfaat sekali agar ada kerjasama dari semua pihak untuk mendorong pemahaman di masyarakat melalui Tim Penggerak PKK se Kecamatan Kuala Jambi. ‘’Selama ini memang penggunaan obat secara benar ini sangat kurang sehingga harus dilakukan pemberdayaan masyarakat agar peduli dalam penggunaan obat yang benar dan rasional,’’ ungkap Novriyanti. ‘’Dan kepada dinas kesehatan, kami ucapkan terimakasih telah melakukan pembinaan. Kita harap kedepan pembinaan ini bisa semakin ditingkatkan,’’ harap Ketua TP PKK Kecamatan Kuala Jambi itu, sekaligus membuka secara resmi Kegiatan Sosialisasi tersebut .

Hal senada dikatakan oleh Camat Kuala Jambi, Taufiq Kurniawan, S.STP yang diwakili Oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Kuala Jambi, Irwandi S.IP dalam sambutanya mengatakan, kegiatan GEMA CERMAT ini harus terus didukung oleh semua pihak. Terutama bagi kader kesehatan, tidak hanya bisa dipahami diri sendiri tapi harus ditularkan kelainnya. ‘’Saya harap dalam acara ini dapat menimbulkan kesadaran dan pemahaman masyarakat atas penggunaan obat secara maksimal,’’ harapnya.

Wandi menambahkan, jadikan kegiatan ini sebagai ilmu yang  harus dipraktekkan di tengah-tengah masyarakat. ‘’Intinya semua yang didapat perlu disosialisasikan cara cermat menggunakan obat, sebab apabila tidak sesuai dalam penggunaannya, obat akan berubah menjadi racun dalam penggunaan,’’ tutupnya.


Penulis: BAHARUDDIN
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement