Anggaran Penanganan Corona di Tanjabtim Terserap Rp. 13,7 M



Rabu, 24 Juni 2020 | 12:30:57 WIB



Penyaluran bantuan Jaringan Pengaman Sosial di Kabupaten Tanjabtim
Penyaluran bantuan Jaringan Pengaman Sosial di Kabupaten Tanjabtim DOK/NT

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co – Anggaran penanganan Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) hingga Senin (22/6/20209) dari dana yang dicadangkan sebesar Rp. 62,5 milyar (M), sudah terserap Rp. 13,7 M.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Tanjabtim, Nusirwan mengungkapkan, bahwa anggaran Covid-19 itu diperuntukan pada Tiga kegiatan, yaitu kegiatan penanganan kesehatan, penguatan perekonomian serta kegiatan Jaringan Pengaman Sosial (JPS). ‘’Pada kegiatan bidang penanganan kesehatan sebesar Rp. 18,7 milyar. Bidang penguatan ekonomi sebesar Rp. 1 milyar. Sedangkan pada bidang JPS sebesar Rp. 42,7 milyar,’’ ungkapnya. 

Dijelaskan Nusirwan, pada bidang penanganan kesehatan yang terdiri kegiatan BPBD, Satpol PP, Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit Umum Nurdin Hamzah besaran anggaran yang dicadangkan sebesar Rp. 18,7 M, yang hingga kini sudah terealisasi sebesar Rp. 5,6 M. ‘’Ini untuk peralatan pelindung, penanganan, pengamanan serta penangulangan, baik di Pos darat maupun laut dan di Rumah Sakit,’’ paparnya.

Sementara pada bidang penguatan ekonomi kerakyatan, lanjut Nusirwan, disini yang mengemban tugas ialah Dinas Koperasi dan UMKM. Dimana pada kegiatan ini, diangarkan sebesar Rp. 1 M. Karena peruntukannya itu pasca atau setelah dampak Pandemi Covid-19, maka kegiatan tersebut baru masuk pada tahap verivikasi. ‘’Usulan UMKM yang akan diperuntukan stimulan Pasca Pandemi Covid-19 ini masih tahap verivikasi,’’ ucapnya. 

Sedangkan pada kegiatan Jaringan Pengamanan Sosial, kata Nusirwan, yang mengemban tugas adalah Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan perencanaan anggaran yang diperuntukan hingga Desember 2020 sebesar Rp. 42.7 M, yang saat ini baru terealisasi dua tahap, sebesar Rp. 8,1 M. ‘’Untuk ditahap ketiganya belum cair, masih proses. Dan pada kegiatan ini bisa Sembako dan bantuan berupa lainnya,’’ tandasnya.

 

 


Penulis: AKHMAD. SF
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement