Harga Udang Ketak di Tanjabtim Terdampak Virus Corona



Rabu, 05 Februari 2020 | 21:39:49 WIB



Udang Ketak
Udang Ketak

Advertisement


Advertisement

KUALAJAMBI, eNewsTimE.co – Merebaknya Virus Corona terhadap manusia yang berasal dari Wuhan, China itu ternyata juga berdampak terhadap harga jual Udang Ketak atau Udang Nenek. Di Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi khususnya, pada beberapa hari belakangan ini, harga Udang tersebut anjlok.

Salah satu Pengusaha Udang Ketak di Parit 3 Kelurahan Tanjung Solok, Kecamatan Kuala Jambi, Atta mengaku, sebelumnya para Nelayan di Kecamatan Kuala Jambi sangat antusias menangkap Udang Ketak ini karena memiliki harga yang sangat tinggi, hingga mencapai Ratusan Ribu Rupiah perekornya. ‘’Tapi beberapa pekan ini, akibat Virus Corona yang merebak dibeberapa Negara, khususnya Wuhan, China, sangat berimbas keharga jual beli Udang Nenek (Udang Ketak, red), bahkan Udang Nenek sekarang tidak memiliki harga jual beli sedikitpun lagi. Sehingga kami mengalami kerugian hingga Ratusan Juta Rupiah,’’ kata Atta, kemarin. ‘’Lihat sendirilah Bang, tidak ada lagi Udang Nenek yang ditampung untuk kami ekspor,’’ imbuhnya.

Selain Touke, para Nelayan yang mencari Udang Nenek dilaut terpaksa beristirahat sementara. Padahal hasil tangkapan akan Udang Nenek dilaut untuk cuaca dan bulan ini sangat maksimal. ‘’Kalau cuaca saat ini ngisi nian Udang Nenek dilaut . Akibat Virus Corona inilah kami tak melaut mencari Udang Nenek lagi,’’ terang salah satu nelayan pencari Udang Nenek, Usman.

Menurutnya, selama ini permintaan pasar akan Udang Nenek sangat tinggi. Banyaknya permintaan pasar membuat para pengusaha dan pengepul kewalahan untuk memenuhi permintaan. ‘’Apalagi saat memasuki hari besar seperti Tahun Baru Imlek, biasanya permintaan akan hasil laut cukup tinggi, dan harga jual juga ikut naik. Namun dengan adanya isu penyebaran Virus Corona, membuat harga jual turun drastis dan bahkan tidak laku,’’ ungkapnya. ‘’Kami berharap agar Virus Corana yang terjadi segera berlalu. Semoga juga ada solusi dari Pemerintah, agar Udang Nenek ini bisa laku dipasaran hingga sampai pengeksporan keluar negeri,’’ tukasnya.


Penulis: BAHAR
Editor: BENI MURDANI
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement