PKG Paud Sumber Ilmu Kecamatan Berbak Gelar Diklat

Diikuti Puluhan Guru Paud Se - Tanjabtim


Selasa, 24 September 2019 | 18:42:25 WIB



Pembukaan Diklat Tingkat Dasar GTK Tanjabtim di Gedung Diklat
Pembukaan Diklat Tingkat Dasar GTK Tanjabtim di Gedung Diklat

Advertisement


Advertisement

TANJABTIM, eNewsTimE.co - Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sumber Ilmu Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) Provinsi Jambi melaksanakan Pendidikan Kilat (Diklat) berjenjang tingkat dasar selasa (24/09) dini hari. Dimana kegiatan yang diikuti sebanyak 80 Guru PAUD Se Kabupaten Tanjabtim itu berlangsung di Gedung Diklat Tanjabtim dan dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupten Tanjabtim. 

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik  ( HIMPAUDI) Kabupaten Tanjabtim Agus  Sutrisno menuturkan dimana pada kegiatan Diklat ini diikuti oleh Guru paud pendamping muda tingkat dasar, dengan Peserta sebanyak 80 orang Guru Paud yang kualifikasi pendidikannya SMA sederajat. Dimana kegiatan itu dilaksanakan di dua lokasi yang berbeda, diantaranya Rumah Pintar dan di Gedung Diklat.   " Kegiatan ini di buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Tanjabtim DRS. Junaedi Rahmad ," Paparnya. 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Ketua Pusat kegiatan gugus Paud Sumber Ilmu Kecamatan Berbak Agus Sutrisno, S.Pd ini akan dilaksanakan selama lima hari lamanya, terhitung sejak 24 hinga 28 September mendatang, dengan sumber dana dari Direktorat PGTK Paud dan Dikmas Kemendikbud Pusat.  " Panitia kegiatan ini di ketuai Bonijan, S.Pd penilik Kecamatan Rantau Rasau ," Tuturnya. 

Selepas kegiatan ini, mereka yang mengikuti Diklat ini akan diberikan paket tugas mandiri di lembaga paudnya masing - masing selama 1 bulan. Tugas itu diberikan untuk melihat hasil yang mereka terima selama Diklat ini.  " Untuk melihat hasil yang akan dijalani mereka itu kepala sekolahnya masing - masing ," Ujarnya.  

Yang mana, katanya, Pendidikan Diklat tingkat dasar untuk Guru Paud yang dilaksanakan sejak 2016 hinga 2019. Selama empat tahun lamanya Guru Paud yang sudah mengikuti Diklat tingkat Dasar ini sudah sebanyak 428 guru paud.  Sedangkan yang sudah melaksanakan Diklat tingkat lanjut sebanyak 210 Orang.   " Dari sebanyak 702 GTK, yang sudah mengikuti Diklat di tingkat dasar sebanyak 428, dan yang sudah mengikuti tingkat lanjut dari 2017 sampai sekarang sudah sebanyak 210 ," Ungkapnya. 

Menurut Agus, Untuk pelatihan tingkat dasar bagi Guru Paud ini diperkirakan masih tingal dua tahap lagi selesai. Setelah itu barulah mereka tingal mengikuti di tingkat lanjut. Sementara untuk ditingkat mahir, direncanakan setelah seluruh Guru Paud ini selesai di tingkat lanjut, karena biaya pelaksanaan cukup besar.    " Untuk saat ini kita fokus melaksanakan Diklat tingkat dasar dan lanjut ," Ucapnya. 

Untuk diketahui, pelaksanaan diklat tingkat dasar oleh HIMPAUDI Kabupaten Tanjabtim mulai 2016 sampai 2018 itu dengan biaya mandiri peserta. Sedangkan pelaksanaan diklat tingkat lanjut guru paud oleh Dinas Pendidikan melalui bidang GTK PAUD sudah dilaksankan dari tahuh 2017 sampai dengan 2019. " yang menjadi harapan kita, guru Paud menjadi lebih profesional ," Tutupnya. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjabtim Drs. Junaedi Rahmad mengapresiasi kegiatan Diklat tersebut. Dengan dilaksanakannya pelatihan tingkat dasar bagi Guru Paud ini, kita berharap kualitas Pendidikan Paud menjadi meningkat. 

Junaedi mengakui masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini, antara lain soal Gurunya. Inilah upaya kita Dinas Pendidikan, dikarenakan kualifikasi pendidikan Guru Paud ini SMA sederajat. Supaya untuk menyetarakan kualifikasi S1 dan D4, kita berikan pendidikan, baik tingkat dasar, lanjut maupun ketingkat mahir.    " Harapan kita, dengan Diklat ini kualitas pendidikan Paud bisa lebih baik ," Ucapnya. 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Muliana Sara
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement