Bupati Adirozal Terima Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal kabupaten Kerinci Dari PPVTPP Kementan RI



Jumat, 06 September 2019 | 22:12:30 WIB



Bupati Kerinci H. Adirozal Terima Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal kabupaten Kerinci Dari PPVTPP Kementan RI.
Bupati Kerinci H. Adirozal Terima Sertifikat Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal kabupaten Kerinci Dari PPVTPP Kementan RI. AVERMAN DEKA/NT

Advertisement


Advertisement

KERINCI,- eNewsTimE.co -  Bupati Kerinci H. Adirozal, Jumat (6/9) menerima langsung 8 sertifikat tanda daftar varietas tanaman lokal kabupaten Kerinci dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizianan Pertanian (PPVTPP) Kementrian Pertanian (Kementan) RI.

Dengan telah diterimanya sertifikat tersebut artinya 8 varietas tanaman lokal di Kabupaten Kerinci telah terdaftar di Kementan RI, Sertifikat itu diserahkan langsung oleh Kepala PPVTPPP Kementan RI, Prof. Erizal Jamal dan diterima langsung oleh Bupati Adirozal, di Desa N1, Kecamatan Kayu Aro Barat.

Adapun 8 Varietas lokal kabupaten Kerinci, yang telah diakui sebagai kepemilikan Kabupaten Kerinci itu berupa Tanaman Holtikultura yakni Bawang Putih Varietas Jangkiriah Adro, Bawang Merah Varietas Baki Adro, Cabai Varietas Loker Telun Berasap, Cabai Varietas Ahang Adro, dan Kentang Varietas Kubik Adro. Sedangkan untuk tanaman Pangan padi yakni Varietas Padi payo Dukung, Padi Varietas Padi Payo Bunga Melur, dan Ubi Jalar Varietas Ubi Jalar Silo.

Bupati Kerinci H. Adirozal dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan terdaftarnya hasil pertanian dan tanaman varietas lokal ini dapat menambah penghasilan dan bisa membawa kesejahteraan petani.

“Hasil petani Kerinci didaftarkan bisa disebar, tentunya meningkatkan nilai jual dan hasil pertanian kita bisa lebih dihargai lagi,”ucap Bupati Adirozal.

Bupati Adirozal dalam kesempatan itu juga menyampaikan, dengan kehadiran Gubernur Jambi serta pihak Kementerian Pertanian dapat memberi harapan dan menjadi motivasi bagi masyarakat Kerinci untuk lebih giat meningkatkan hasil pertanian.

Gubernur Jambi H.Fachrori Umar dalam sambutan dan arahannya, sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Pemkab bersama Kelompok Tani dan pihak Kementerian Pertanian dalam pengusulan hingga akhirnya penentuan dari Varietas Tanaman Lokal, mudah-mudahan sertifikat ini dapat membawa dampak positif bagi petani.

“Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi setiap saat dan mempunyai peranan penting bagi Kehidupan. Maka untuk itu petani selalu bekerja dengan baik dan ikuti petunjuk petugas penyuluh dalam memberikan bimbingan dan informasi terkait masa pra tanam, tanam, hingga panen,”kata Gubernur Jambi.

Sementara itu, Kepala PPVTPP Kementan RI Prof. Erizal Jamal mengatakan bahwa proses sertifikasi varietas pertanian tersebut merupakan hasil kerjasama dengan BPTP Jambi guna mengidentifikasi varietas untuk mendapatkan sertifikat. Dan hasilnya hari ini beberapa varietas sertifikatnya sudah didaftarkan dan sah menjadi milik masyarakat Kabupaten Kerinci.

“Dari 1.468 varietas yang sudah didaftarkan, 38 varietas dari Provinsi Jambi yang 13 diantaranya berasal dari kabupaten Kerinci,”sebutnya.

Sebelum penyerahan sertifikat, terlebih dahulu dilaksanakan tanam Perdana Bantuan Benih Kentang Program Peningkatan Produksi Pertanian APBD Provinsi Jambi tahun 2019 di lahan Kelompok Tani Cipanas desa N1 Kecamatan Kayu Aro Barat oleh Bupati Adirozal bersama Gubernur Jambi dan Kepala PPVTPP Kementan RI serta unsur Forkopimda.


Penulis: AVERMAN DEKA
Editor: BENI MURDANI


Tagar:

# KERINCI

Advertisement
Advertisement
Advertisement