Disbunak Periksa Hewan Qurban



Sabtu, 10 Agustus 2019 | 21:54:29 WIB



Pemeriksaan Hewan Qurban
Pemeriksaan Hewan Qurban

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTime.co - Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) melakukan pemeriksaan terhadap hewan qurban sabtu (10/08/2019) ini. Pemeriksaan itu untuk memastikan kesehatan hewan tersebut. Sehinga nantinya pada Hari Raya Idul Adha dapat diqurbankan. 

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjabtim Rajito melalui Unit Pelaksanaan Tugas Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan)  Kecamatan Muara Sabak Barat melakukan Drh.Abdul Roni melakukan pemeriksaan kesehatan antemortem (pemeriksaan sebelum hewan dipotong) atau secara fisik, guna memastikan kesehatan hewan kurban hingga perayaan hari raya Idul adha 1440 H pada 11 Agustus 2019.  " kegiatan pemeriksaan kesehatan antemortem pada hewan qurban ini kita lakukan di beberapa Masjid dan tempat - tempat pemotongan hewan kurban  di wilayah Kecamatan Muara Sabak Barat ," Paparnya. 

Roni juga menyampaikan, bahwa pemeriksaan ini untuk memastikan hewan kurban tersebut layak dikurbankan. Sehingga sapi dan kambing yang hendak di qurbankan harus sehat dan tidak boleh ada cacatnya.

Menurut dia, pemeriksaan ini sangat perlu dilakukan, karena tujuannya adalah untuk memastikan secara fisik, dan sekaligus memberikan edukasi serta pemahaman kepada panitia kurban untuk lebih memperhatikan kesehatan hewan kurban.

"Ini masih pemeriksaan fisik saja, dan saat pemotongan hewan kurbannya nanti juga akan dilakukan pemeriksaan post mortem (pemeriksaan setelah hewan dipotong) atau bagian dalam, sehingga bisa diketahui kesehatan daging dan organ dalam hewan kurban yang nanti disembelih," ujarnya.

Selain itu,  Roni juga menyampaikan, adapun pemeriksaan antemortem untuk memastikan kesehatan hewan kurban, baik sapi maupun kambing yakni dilakukan mulai dari mata, hidung, gigi, telinga, limpoglandula dan lainnya.

Disamping itu, Roni juga mengatakan, bahwa kegiatan pemeriksaan antermortem dan post mortem ini serentak dilakukan disemua Kecamatan Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur hingga waktu perayaan Idul adha 1440 H nanti.

 


Penulis: Akhmad SF
Editor: Beni Murdani SE
Sumber: eNewsTime.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement