Bantuan Pemprov Belum Terealisasi

Untuk Korban Bencana Kebakaran Simbur Naik


Senin, 28 Januari 2019 | 19:42:12 WIB



Kondisi Desa Simbur Naik Lepas Terkena Musibah Kebakaran.
Kondisi Desa Simbur Naik Lepas Terkena Musibah Kebakaran.

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK,eNewsTimE.co-  Dana bantuan sosial yang dijanjikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi untuk korban bencana kebakaran di Desa Simbur Naik, Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) pada Desember 2017 lalu dipertanyakan. Pasalnya, bantuan yang dijanjikan itu hingga kini belum terealisasi.

Kepala Desa Simbur Naik, Faisal Ghafa kemarin mengungkapkan, bahwa pasca bencana kebakaran 2017, bantuan yang sudah diterima korban baru bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tanjabtim dan Pemerintah Pusat. ‘’Namun bantuan yang dari Provinsi Jambi hinga kini belum ada kecelasannya. Bantuan yang pernah diberikan secara simbolis oleh Gubernur Jambi non aktif Zumi Zola itu hingga saat ini belum terealisasi,’’ ungkapnya.

Bantuan yang dijanjikan akan diberikan oleh pihak Pemprov Jambi untuk korban, sebesar Rp. 340,000,000. Yang mana setiap Kepala Keluarga akan mendapatkan bantuan itu sekitar Rp. 5.000.000. ‘’Secara simbolis, 68 KK korban bencana kebakaran Desa Simbur Naik sudah menerima bantuan dari Provinsi, tetapi secara nyatanya belum,’’ katanya.

Dia menuturkan, saat pihaknya berkoordinasi kepada pihak Badan Keuangan Provinsi Jambi, pihaknya dijanjikan lagi pada akhir tahun 2018 bisa dicairkan. ‘’Namun kenyataannya hinga kini belum turun, atau belum ada kejelasan pastinya. Korban ini masih menanti janji Provinsi itu kapan pastinya,’’ tuturnya.

Kondisi saat ini, lanjutnya, sebagian korban masih ada yang baru membangun tempat tinggal, ada juga yang sudah selesai dan bahkan sudah ada juga yang sudah ditempati. ‘’Karena Provinsi kemarin sudah menjanjikan bantuan itu, korban masih menanti janji dan bertanya-tanya itu. Pasalnya sudah satu tahun lebih kejadian itu, sejak akhir Desember 2017 hingga kini. Bagunan yang didirikan korban saat ini masih banyak yang terhutang kepada toko material,’’ bebernya. ‘’Sementara bantuan dari Pemerintah Pusat sudah diterima korban, yang langsung masuk kerekening masing-masing. Kita ucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada pihak Dinas Sosial Tanjabtim. Berkat kerja keras dan upaya mereka, korban mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat berkali lipat,’’ tukasnya


Penulis: Akhmad SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement