Puluhan Ribu UKM di Tanjabtim Berkembang



Selasa, 30 Oktober 2018 | 19:43:08 WIB




Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, EnewsTime.co- Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabuaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), saat ini tercatat ada puluhan ribu UKM di Tanjabtim yang telah tumbuh subur dan berkembang.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Tanjabtim, Syahbuddin mengatakan, pertumbuhan UKM yang mengalami perkembangan yang cukup baik, terutama disektor laut, kerajinan, bumi dan perkebunan.

Berdasarkan data saat ini di Tanjabtim telah tumbuh dan berkembang sekitar 56 ribu UKM dengan jumlah usaha mikro 54.444, 1.884 usaha kecil dan 253 usaha menengah.

 Syahbuddin menjelaskan, pihaknya masih akan melakukan verifikasi ulang terhadap jumlah UKM yang ada. ‘’Hal ini dilakukan untuk mengetahui jumlah ril dilapangan, apakah berkurang atau malah bertambah dari data yang tercatat,’’ katanya, kemarin. ‘’Dari sisi jenis usaha hingga volume usaha ditargetkan pada November 2018 ini proses verifikasi rampung dikerjakan,’’ imbuhnya. 

Upaya untuk lebih mengembangkan dan memperkuat UKM, strategi yang harus dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanjabtim saat ini salah satunya adalah harus dengan meningkatkan peran serta masyarakat melalui pemberdayaan kelompok masyarakat.

Selain itu juga, dengan usaha meningkatkan pendapatan dan kesempatan kerja melalui pemberdayaan pelaku UKM, serta meningkatkan daya dukung kegiatan ekonomi melalui peningkatan akses pada lembaga ekonomi dan keuangan.

Sementara, untuk meningkatkan daya saing UKM, selain harus menjaga dan memperhatikan kualitas produk, juga diperlukan adanya promosi yang berkesinambungan.


Penulis: Maulana
Editor: Beni Murdani, S.E
Sumber: EnewsTime.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement