Dukcapil Melayani Langsung Perekaman e-KTP Warga Kuala Jambi



Kamis, 17 Mei 2018 | 13:53:34 WIB



Pelayanan Langsung kepada Masyarakat Kuala Jambi
Pelayanan Langsung kepada Masyarakat Kuala Jambi

Advertisement


Advertisement

MUARASABAK, eNewsTimE.co - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), kemarin melaksanakan perekaman e-KTP bagi warga Kecamatan Kuala Jambi.

Kepala Dinas Dukcapil Tanjabtim, Syahruddin Amir melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Arie Trisnasari mengungkapkan, bahwa masyarakat Kecamatan Kuala Jambi yang wajib e-KTP, sebanyak 1.453 jiwa. Dari jumlah tersebut, yang wajib KTP namun belum melakukan perekaman terdapat sebanyak 1.100 jiwa. Selain itu, bagi pemula yang wajib KTP dan belum melakukan perekaman kelahiran tahun 2001, tercacat sebanyak 259 jiwa. Kemudian pemula yang kelahirannya pada tahun 2002 sebanyak 94 jiwa. Sedangkan bagi warga Kuala Jambi yang wajib KTP dibawah umur 17 tahun, tercacat masih nol. ‘’Dari sebanyak 1.453 target, baru sebanyak 144 jiwa yang sudah melakukan perekaman,’’ ungkapnya, kemarin.

Menurutnya, bagi masyarakat Kuala Jambi yang belum melakukan perekaman, maka dapat secara langsung mendatangi Kantor Dinas Dukcapil untuk melakukan perekaman. ‘’Namun bila tidak, kita siap turun untuk kembali melayani, dengan catatan masyarakat harus pro aktif,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, adapun data by name by addres masyarakat yang dimiliki Dukcapil akan kembali dilakukan pencocokan oleh petugas registrasi yang tersebar disetiap Desa dan Kelurahan. ‘’Setelah dicocokan, disaat itulah kita dapat mengetahui pastinya keberadaannya. Biasanya setelah dicocokan, kita himbau untuk segera melakukan perekaman,’’ paparnya. ‘’Dalam penuntasan ini, kita juga berharap peran serta Pemerintah setempat, baik Desa, Kelurahan maupun Pihak Kecamatan, untuk turut mengajak, mengingatkan masyarakat atas akan pentingnya kepemilikan identitas kependudukan itu. Kepemilikan dokumen kependudukan ini sangatlah penting,’’ tandasnya.


Penulis: Akhmad.SF
Editor: Beni Murdani, SE
Sumber: eNewsTimE.co

Tagar:

# MUARASABAK

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement